Keindahan 10 Air Terjun di Yogyakarta yang Belum Banyak Diketahui Orang

Wisata air terjun di Yogyakarta. Jogja dengan segala keunikan dan keistimewaannya sudah membuat banyak orang jatuh hati. Tempat yang ramah bagi pendatang, tempat yang kaya akan wisata budaya dan wisata kulinernya. Selain itu banyak tempat wisata alam yang menarik di jogja, salah satunya air terjun.

Tidak ada yang menyangka jika wisata air terjun di Yogyakarta begitu banyak dan indah. Sebagian mungkin sudah kita kenal, seperti Grojogan Sewu dan Sri Gethuk. Dan sebagian lagi mungkin masih asing di telinga kita. Nah sobat pada edisi kali ini kami akan memberikan info mengenai air terjun menarik di Jogja yang harus kamu kunjungi.

#1. Air Terjun Gedad, wisata alam baru yang ada di Gunung Kidul

Gunung kidul bagaikan secuil surga di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain pantai dan goanya yang selalu ramai di kunjungi wisatawan, yang terbaru dan segera menjadi primadona adalah air terjun Gedad. Terletak di Dusun Gedad, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, air terjun ini ramai jadi perbincangan di kalangan traveller.

Air terjun Gedad memiliki daya tarik dan keindahan yang luar biasa. Meskipun belum dibuka secara resmi, tapi sudah ada beberapa wisatawan yang datang, benar-benar luar biasa ya.

air terjun gedad jogja

#2. Air Terjun Sri Gethuk, sudah sangat populer di kalangan wisatawan baik lokal maupun asing

Wisata air terjun di Yogyakarta yang satu ini sudah sangat terkenal di kota gudeg. Air terjun Sri Gethuk terkenal karena suasana  dan pesona alamnya yang indah. Di sekitar lokasi ada beberapa air terjun yang jatuh di tepi sungai Oya. Yang unik airnya jatuh ke bebatuan karst terlebih dulu sebelum mengalir ke sungai.

Air terjun Sri Gethuk berlokasi di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen Gunung kidul. Di sini selain menikmati air terjun, sobat juga bisa berenang di sungai Oya yang airnya sangat jernih.

Air Terjun Sri Gethuk jogja

 

#3. Air Terjun Setawing, berada di dusun Jonggrangan memiliki pemandangan yang asri dan menenangkan.

Air terjun yang populer dengan sebutan Setawing ini juga punya nama lain yaitu air terjun Jonggrangan, karena lokasinya yang berada di Dusun Jonggrangan. Air terjun Setawing memiliki ketinggian mencapai 18 meter dengan tebing-tebing dari batu gamping sebagai pondasinya.

Meskipun volume airnya tidak terlalu tinggi, tapi tempat ini memiliki pemandangan yang indah dengan suasana lingkungannya yang asri. Di sekitar lokasi air terjun Setawing sudah di bangun taman yang berkonsep pedesaan asri lengkap dengan kursi bambunya.

Detail lokasi air terjun setawing ini berada di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Patokannya tidak jauh dari pasar Jonggrangan.

Air Terjun Setawing jogja

 

#4. Air Terjun Grojogan Sewu, memiliki air yang jernih meskipun di musim hujan, penasaran..

Tempat wisata air terjun di Yogyakarta yang satu ini memang memiliki nama yang sama dengan yang ada di Jawa Tengah, tapi suasana Grojogan Sewu yang ini sangat jauh berbeda. Air Terjun Grojogan Sewu berada di Dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo Kulonprogo.

Jalanan setapak yang sudah dilengkapi pegangan dari bambu, harus kita lalui sebelum sampai ke lokasi. Perjuangan sobat tidak akan sia-sia, setelah sampai di air terjun ini, sobat akan mendapati pemandangan yang indah, sejuk dan asri. Air di Grojogan Sewu senantiasa jernih meakipun di musim hujan.

Air Terjun Grojogan Sewu jogja

 

#5. Curug Watu Jonggol, perlu perjuangan ekstra untuk sampai ke tempat ini..

Masih seputar Kulonprogo, karena di kawasan ini memang banyak spot air terjun yang unik dan indah, salah satunya Curug Watu Jonggol. Air terjun ini termasuk bagian dari perbukitan Menorah yang terhampar di Kulonprogo, tepatnya di Desa Nglinggo, Samigaluh, Kulonprogo, tidak jauh dari perkebunan teh Nglinggo.

Curug watu jonggol berada pada ketinggian sekitar 900 mdpl, untuk mencapai lokasi curug yang keren ini, sobat perlu perjuangan ekstra, dengan trekking melalui jalan setapak yang lumayan jauh dan agak curam. Diperlukan ke hati-hati an saat berjalan menuju lokasi air terjun ini.

curug watu jonggol jogja

 

#6. Air Terjun Kembang Soka yang indah ini memiliki dua warna air, unik kan…

Air Terjun Kembang Soka berada di Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo Kabupaten Kulonprogo. Air terjun ini selain indah dan cantik juga unik, ke unikannya ada pada airnya yang memiliki dua warna, yaitu putih dan hijau toska.

Bahkan bebatuannya juga memiliki 2 warna, warna kuning pada bebatuan yang di dasar sungai dan warna merah pada bebatuan yang ada di tebing. Selain itu penamaan kembang soka untuk air terjun ini dikarenakan di sekitar lokasi banyak ditumbuhi pohon kembang soka.

Air Terjun Kembang Soka jogja

 

#7. Air Terjun Kedung Pedut memiliki air yang berwarna hijau ditambah dengan keberadaan kolam alam, penasaran..

Air terjun Kedung Pedut tidak jauh dari lokasi air terjun Kembang Soka. Air ditempat ini berwarna hijau toska dan sekaligus menyegarkan. Selain itu keberadaan kolam yang terbentuk secara alami di tempat ini juga menjadi nilai tambah bagi para pengunjung.

Jika sobat ingin merasakan berenang di kolam dengan suasana alam, coba datang kesini. Di sekitar lokasi air terjun juga sudah disediakan bangku-bangku yang terbuat dari bambu sebagai tempat istirahat.

Air Terjun Kedung Pedut jogja

 

#8. Air Terjun Banyunibo, menyajikan pemandangan persawahan yang asri dan hijau.

Tempat wisata air terjun di Yogyakarta berikutnya ada di daerah Gunung Kidul, tepatnya di daerah Patuk. Air Terjun Banyunibo yang artinya air jatuh, meskipun namanya cukup sederhana tapi  ada kisah tersembunyi dari air terjun ini.

Selain menyajikan pemandangan yang berbeda dan unik yaitu persawahan, ternyata air terjun banyutibo memiliki kisah yang unik tentang asal muasal terbentuknya air terjun ini. Menurut warga sekitar air terjun ini tercipta akibat gempa bumi yang mengguncang Jogja pada tahun 2006 lalu. Lokasi banyutibo berada di Dusun Batur, Desa Putat, Patuk, Gunung kidul.

Air Terjun Banyunibo jogja

 

#9. Curug Indah Gedangsari permata yang tersembunyi ini memilki dua air terjun, simak yuk…

Curug Indah Gedangsari berada di ujung timur Yogyakarta dan berbatasan langsung dengan Klaten. Lokasi tepatnya di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunung kidul. Tempat ini selain bisa dijangkau dari Jogja, jauh lebih mudah di jangkau dari Klaten.

Di Curug Indah Gedangsari terdapat dua air terjun, yaitu air terjun atas dan air terjun bawah, hanya saja yang paling ramai di kunjungi adalah yang diatas. Tempat ini belum banyak wisatawan yang tahu, biasanya yang datang ketempat ini adalah pemuda pemudi warga sekitar.

 

#10. Curug Gede memiliki ketinggian diatas rata-rata curug yang ada di Jogja, yuk simak liputannya..

Curug Gede terletak tidak jauh dari Gunung Nglanggeran, tepatnya berada di wilayah perbatasan Kabupaten Sleman dan Gunung kidul. Curug Gede memiliki ketinggian sekitar 30 meter, tinggi yang ada di atas rata-rata curug di Jogja.

Lokasinya yang berada di area hutan membutuhkan perjuangan ekstra untuk sampai ketempat ini. Sobat harus melewati rute berbukit dengan hutan yang cukup rapat. Tapi rasa lelah akan terbayar lunas setelah sobat sampai di tempat ini.

Pemandangan yang alami, dengan udaranya yang segar bisa sobat nikmati sepuasnya di Curug Gede ini. Air terjunnya sendiri berada di sebuah tebing batu dengan air yang jernih dan menyegarkan.

Curug Gede jogja

 

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge