Khasiat Tanaman Pegagan yang Luar Biasa

Home » Pusaka Kesehatan » Khasiat Tanaman Pegagan yang Luar Biasa

khasiat pegagan

Tanaman pegagan dinamakan tapak kuda (Ipomoea pes-caprae L. Sweet.) karena bentuk daunnya mirip telapak kuda. Tapak kuda diketahui berasal dari Asia Tropik. Ada juga yang menyebutnya dengan antanan (Sunda), pacul goang (Jawa Tengah), regedeg (Yogya), gan-ganan (Madura), taidaah (Bali), wisu-wisu (Makassar), cipu balawo (Bugis), dgauke (Papua) dan sarowati (Halmahera). Di Negara lain, tapak kuda disebut juga beach morning glory.

Merupakan sejenis tanaman menjalar, tumbuh di tanah yang lembab dan basah dan mudah dijumpai tumbuh di tepi jalan, di pantai, maupun di pematang sawah. Tapak kuda atau pegagan memiliki efek antiinflamasi, antibiotik, antidemam, antidiuretik, dan keratolitik. Bahkan kemampuan antibiotik dan antiinflamasinya tergolong tinggi hingga berguna pula sebagai antibakteri.

Tapak kuda telah lama dimanfaatkan sebagai ramuan untuk pengobatan penyakit di Cina dan Indonesia. Di Indonesia, selain sebagai lalapan dan urap, daun pegagan juga banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit, baik penyakit dalam maupun penyakit luar seperti penyakit kulit. Walau dapat dikeringkan, untuk keperluan obat paling baik dengan menggunakan tanaman segar. Sebab jika dikeringkan akan banyak kehilangan khasiat. Karena khasiatnya sebagai obat antiinflamasi, ia mulai dilirik sebagai bahan baku salep untuk mengobati luka.

Khasiat tapak kuda/ pegagan :

Herbalis di India sudah lama memanfaatkan daun pegagan sebagai obat untuk beberapa penyakit seperti lepra, TBC, sipilis, hemoroid, kanker, psoriasin. Selain itu daun pegagan juga mempunyai efek melancarkan aliran darah ke otak dan dipercaya sebagai tonikum otak untuk memperkuat memori atau daya ingat, penurun demam, sembelit (konstipasi), panas dalam, dan lain-lain.

Di Cina, para ahli herbal memanfaatkan daun pegagan untuk masalah-masalah emosi seperti depresi, stres, insomnia, kecemasan dan gelisah. Zat-zat yang terkandung di daun pegagan mempunyai khasiat untuk merevitalisai sel otak dan saraf sehingga disebut juga sebagai makanan untuk otak. Maka tak mengherankan jika pegagan sering dimanfaatkan untuk memperkuat memori atau daya ingat. Orang Cina juga mempercayai khasiat daun pegagan untuk memperpanjang usia.

See also  Herbal Untuk Mencegah Penularan Virus Corona

Di Amerika dan Eropa, daun pegagan digunakan oleh para herbalis untuk mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan pembengkakan jaringan (inflamasi) seperti anklylosing spondilytis, psoriasis arthiris dan juga rheumatoid arthiris. Di website healthandage.com mempublikasikan khasiat daun pegagan yang mempunyai efek menurunkan tekanan darah, mempercepat proses penyembuhan luka, memperbaiki daya ingat dan kecerdasan, menurunkan kecemasan serta memperlancar sirkulasi darah pada penderita varises.

Di Surabaya, sebuah penelitian di RS. Dr. Soetomo juga menunjukkan bahwa daun pegagan mempunyai efek menurunkan hipertensi. Dan kelebihannya adalah efek penurunan tekanan darah dari daun pegagan ini terjadi secara perlahan atau tidak turun secara drastis sehingga cocok untuk penderita hipertensi yang berusia lanjut.

Zat penting dalam daun pegagan :

• Glikosida Triterpenoids yang disebut asiaticoside : sejenis penyembuh luka (antilepra).
• Beberapa macam vitamin seperti vitamin A, B, E, G dan K.
• Beberapa nutrisi yang membantu merevitalisasi tubuh dan bersifat antisedatif (antialergi).

Resep herbal sederhana :

1. Rematik : 45 g tanaman tapak kuda segar direbus dengan air dalam jumlah yang sama, setelah itu dinginkan dan minum.

2. Sakit gigi : 45 g akar tapak kuda kering direbus dengan air, dinginkan dan minum.

3. Bisul atau eksim : Lumatkan daun tapak kuda segar. Balurkan pada bisul, eksim atau bagian yang sakit. Atau bisa juga dengan cara merebus daun tapak kuda segar lalu gunakan airnya untuk mencuci bagian yang sakit.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments