Mengenal Batu Giok (Jade Stone)

batu giok jade stoneSalah satu budaya di indonesia adalah mengkoleksi batu mulia atau batu akik. Kali ini kita akan membahas batu giok atau batu yang memiliki nama lain yakni jade stone.

1.    Asal

Giok atau yang dikenal dengan Jade atau Bacan adalah gabungan dua mineral yang berbeda, yaitu nephrite dan jadeite. Keduanya memiliki kandungan mineral yang berbeda. Warna hijau Giok akan menjadi semakin hijau seiring dengan banyaknya kandungan mineral besi didalamnya.

Bangsa China adalah yang paling terkenal mempergunakan Giok untuk beragam peralatan. Sebenarnya bangsa lain juga mempergunakannya, seperti India, Korea, Asia Tenggara, Maori, Kanada, dan Mesoamerica. Giok merupakan perlambang dunia dan surga, menurut bangsa China. Yu merupakan karakter tertua untuk Giok yang telah ada sejak 2950 SM.

2.    Ciri-ciri

a.    Bentuk : Seperti batuan umumnya.

b.    Warna : Hijau, putih, oranye, kuning, lavender, dan hitam.

c.    Kandungan : nephrite dan jadeite dengan komposisi kimia Ca2(Mg,Fe)5Si8O22(OH)2 dan NaAlSi2O6.

d.    Indeks Bias : 1,606 – 1,632 (0,009, 0,006) dan 1,666 – 1,680 (+/- 0,008).

e.    Pembiasan Ganda : –

f.    Berat Jenis : 2.95 dan 3.34.

g.    Skala Kekerasan (Mohs) : 6,0 – 6,5 dan 6,5 – 7.

3.    Penilaian Giok

a.    Color (Warna) : Warna terbaik untuk Giok adalah hijau Zamrud yang hampir transparan, yang sering dikenal sebagai “Giok Kekaisaran”.

b.    Transparansi : Giok sangat beragam, mulai dari buram sampai semi transparan. Giok terbaik adalah semi transparan.

c.    Tekstur : Giok yang baik memiliki kehalusan, keindahan dan tekstur yang membuat setiap orang ingin berlama-lama memegangnya.

d.    Cut (Pemotongan) : Banyak pengolahan Giok yang menggunakan cara kuno, yaitu menggunakan mesin bubut bambu yang diolah dengan pasir dan air. Pemotongan yang sempurna tentu akan menghasilkan Giok berharga tinggi pula.

e.    Carat Weight (Karat) : Giok diukur dalam bentuk potongan, bukan berat. Sehingga selisih pemotongan yang sedikit saja dapat menimbulkan perbedaan harga yang tinggi.

4.    Jenis-jenis Giok

a.    Chrysomelanite : Giok hijau tua berbintik-bintik hitam atau garis.

b.    Giok Kekaisaran : Giok hampir transparan berwarna hijau Zamrud.

c.    Giok Lavender : Giok dengan warna ungu terang.

d.    Giok Rusia : Giok berwarna hijau bayam yang berasal dari danau Baikal Rusia.

e.    Giok Negara-negara lain : Banyak negara selain yang telah disebutkan juga menghasilkan Giok berkualitas, seperti Australia, Burma, dan Indonesia.

f.    Giok Terkenal :

–    Kalung keberuntungan ganda (The Doubly Fortunate Necklace) : Kalung Giok ini memberikan keuntungan ganda bagi pemiliknya pada setiap potongan batu tersebut. Pada tahun 1997 terjual senilai US$ 9,7 juta atau setara sekitar 117 miliar rupiah.

–    Vas Giok Naga (The Jade Dragon Vase) : Memiliki tinggi 50 cm, vas ini dihiasi dengan Giok hijau dan Lavender dari Burma.

–    Pakaian Pemakaman Giok (Nephrite Jade Burial Suit) : Pakaian Giok ini dibuat pada masa pemerintahan Dinasti Han, yang telah berumur 2000 tahun. Saat ini merupakan koleksi National Museum di Beijing.

–    Manik-manik Gogok : manik-manik Giok disebut “Gogok” yang berada di Mahkota Emas milik Raja Kerajaan Silla dari Korea. Mahkota ini berasal dari abad ke-5 dan sekarang menjadi koleksi National Museum Korea, Seoul Korea Selatan.

–    Liontin Dewa Jagung Maya (Maya Maize God Pendant) : Liontin ini ditemukan di Palenque Mexico, dibuat sekitar tahun 300-900 M. Menjadi koleksi National Museum of The American Indian.

–    Topeng Giok Olmec (Olmec Jadeite Mask) : Topeng ini berasal dari masa pertengahan dilihat dari bentuknya atau sekitar tahun 900-550 SM. Saat ini menjadi koleksi Museum of Fine Art Boston Massachusets.

g.    Giok Sintetis
Giok juga telah dibuat tiruannya, namun sebagaimana batu permata lainnya, ada Giok alam yang perlu disempurnakan.

5.    Daerah Penghasil Giok Di Indonesia

Aceh adalah daerah di Indonesia yang dikenal dengan hasil Giok nya, namun masih kurang dikenal baik nasional maupun internasional. Giok ditemukan di Nagan Raya dan Sungai Lumut, Aceh Tengah dan Gayo Lues.

6.    Cara Memperoleh

a.    Penambangan adalah satu-satunya cara untuk memperoleh Giok alami.

b.    Giok sintetis dibuat oleh industri dengan melakukan serangkaian proses, melibatkan beragam bahan kimia. Giok sintetis selalu memiliki harga yang lebih murah namun tidak kalah indah.

7.    Khasiat Batu Giok

a.    Dipergunakan untuk pijat terapi “ceragem”, mengingat Giok mengandung kalsium, potasium, besi, dan magnesium yang bermanfaat bagi kesehatan.

c.    Digunakan sebagai batu penyelamat dan jimat keberuntungan.

d.    Giok juga digunakan untuk perayaan ulang tahun ke-12.

8.    Harga

a.    Harga Emperan
Batu Giok banyak tersedia di emperan, salah satu yang paling banyak adalah Giok Korea. Harga Giok Korea berkisar antara Rp 80.000 sampai ratusan ribu rupiah.

b.    Harga Toko
Harga batu Giok sangat bervariasi, mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Bahkan ada yang menjual dengan nilai miliaran rupiah.

9.    Cara Mengenali Giok Asli

a.    Terapkan penilaian Giok saat akan membeli Giok. Kriteria penilaian yang diterapkan dengan benar akan membuat kemungkinan penipuan menjadi kecil sehingga jangan tergesa-gesa jika ingin membeli sebuah Giok atau batu permata lainnya.

b.    Giok asli warna dan teksturnya tidak akan berubah dalam cahaya bagaimanapun. Sedangkan Giok palsu akan berubah-ubah warna saat dibawa ke ruangan gelap atau banyak cahaya.

c.    Harga Giok asli tentu sangat mahal dan agak sulit menemukan penjualnya. Umumnya dijual di toko-toko perhiasan atau dijual secara online. Giok palsu harganya lebih terjangkau dan mudah ditemukan di pasar atau pedagang keliling.

d.    Bungkus Giok dengan tisu, kemudian biarkan beberapa saat. Giok asli akan membuat dingin tisu, sedangkan yang palsu tidak membuat perubahan pada tisu.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge