5 Keris Pusaka Indonesia yang Memiliki Kisah Legenda

keris pusaka indonesiaIndonesia dikenal hidup dari banyak legenda di zaman dahulu kala. Legenda dan cerita rakyat itu terus bertahan hingga saat ini, melalui cerita dari mulut ke mulut yang hidup di tengah-tengah masyarakat dan diwariskan secara turun-temurun. Salah satunya, seperti kisah legenda mengenai keris pusaka Indonesia yang sangat terkenal di Pulau Jawa.

Beberapa kisah tersebut bahkan juga merupakan bagian dari sejarah panjang keberadaan Nusantara. Sehingga, sudah sewajarnya legenda-legenda tersebut terus dilestarikan, agar tidak hilang tertelan perkembangan zaman yang semakin pesat saat ini. Berikut ini ada lima keris pusaka Indonesia yang memiliki kisah legenda yang sangat terkenal.

  1. Keris Empu Gandring
    Senjata pusaka ini dikenal dalam sejarah berdirinya Kerajaan Singasari, yang berada di daerah Malang, Jawa Timur sekarang. Keris yang dibuat oleh Empu Gandring ini, dipesan oleh pendiri Kerajaan Singasari, Ken Arok, dan kemudian menjadi sangat terkenal karena kutukannya. Kutukan Keris Empu Gandring memakan korban di jajaran penguasa kerajaan tersebut, yakni termasuk Ken Arok sendiri dan tujuh keturunannya yang lain. Dikisahkan, Ken Arok meminta Empu Gandring untuk membuat sebuah keris hanya dalam waktu satu malam. Berkat kekuatan gaib yang dimilikinya, empu akhirnya bisa membuat keris itu dan menjadikannya memiliki kesaktian. Namun, Ken Arok malah membunuh Empu Gandring dengan keris tersebut. Sebelum meninggal, empu pun mengeluarkan kutukan bahwa keris yang dibuatnya itu juga akan membunuh keluarga Ken Arok, termasuk sang raja itu.
  2. Keris Kanjeng Kyai Condong Campur
    Keris ini merupakan salah satu keris pusaka milik Kerajaan Majapahit yang banyak disebut dalam legenda dan sejarah kerajaan tersebut. Uniknya, Keris Condong Campur ini dibuat seratus orang empu dengan bahan yang berasal dari berbagai tempat. Bentuknya bilah keris berupa kembang kacang, dengan satu lambe gajah dan satu sogokan di depan tanpa sogokan belakang. Kemudian, terdapat gusen dan lis-lisan pada keris ini.Sayangnya, Keris Condong Campur ini memiliki watak yang jahat. Buktinya, dengan adanya mitos dan legenda yang menceritakan perperangan antaran keris ini dengan Keris Sabuk Inten yang merasa terancam dengan kemunculannya. Tapi, sang lawan kalah dalam duel tersebut. Kemudian, ada pula Keris Sengkelat yang juga merasa tertekan dengan keberadaan Keris Condong Campur, yang akhirnya mampu mengalahkan keris tersebut.
  3. Keris Nagasasra dan Keris Sabuk Inten
    Kedua keris ini menjadi terkenal karena merupakan bagian utama dalam salah satu cerita silat karya S.H. Mintarja. Cerita tersebut mengisahkan tentang pencarian kedua keris pusaka tersebut oleh Maseha Jenar. Salah seorang murid, Syeh Siti Jenar, mantan perwira tinggi Kerajaan Demak itu percaya bahwa yang mendapatkan Keris Nagasasra dan Keris Sabuk Inten ini akan menjadi pewaris sah tahta Kerajaan Demak.
  4. Keris Kyai Sengkelat
    Tidak banyak cerita sejarah yang diketahui mengenai keris pusaka yang satu ini, selain cerita mitos yang beredar di tengah-tengah masyarakat Jawa, termasuk kisah mengenai perperangan antar keris pusaka yang telah diceritakan dalam kisah Keris Condong Campur di atas. Keris Kyai Sengkelat ini dibuat oleh Empu Supo Mandrangi, pada zaman Kerajaan Majapahit yang diperintah oleh Prabu Kertabumi atau Brawijaya V, sekitar abad 15.
  5. Keris Pusaka Setan kober
    Keris pusaka Indonesia ini juga diciptakan oleh Empu Supo Mandrangi, yang menjadi salah satu karya besarnya, selain Keris Nagasasra dan Keris Kyai Sengkelat. Keris Pusaka Setan Kober yang memiliki nama asli Bronggot Setan Kober ini dibuat pada awal Kerajaan Islam Demak Bintoro. Keris ini kemudian dimiliki oleh Sunan Kudus, dan pernah juga diberikannya kepada murid kesayangannya Adipati Jipang Panolan, Arya Penangsang.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge