Mengenal Batu Peridot

batu peridotSalah satu budaya di indonesia adalah mengkoleksi batu mulia atau batu akik. Kali ini kita akan membahas batu peridot.

1. Asal

Peridot merupakan salah satu permata paling tua yang dikenal manusia. Terbentuk dari mineral Olivine, yang merupakan silikat mineral. Beragam permata yang berasal dari Olivine ditemukan pada batuan peridodit bagian atas mantel bumi. Peridot kuno ditemukan di meteorit Pallasite yang merupakan sisa dari kelahiran tata surya.

Mineral Olivine yang bercampur dengan besi, kemudian membentuk Peridot dengan warna kehijauan. Oleh sebab itu Peridot sering dianggap sebagai Zamrud. Padahal keduanya sama sekali berbeda. Sebab kesalahpahaman tersebut jadi banyak raja-raja dahulu menganggap Peridot sebagai Zamrud. Orang Mesir adalah yang pertama melakukan penambangan Peridot, yaitu di Zabargad, bahkan semua Peridot yang menjadi koleksi museum dunia berasal dari sana.

2. Ciri-ciri

a. Bentuk : Bongkah kristal.

b. Warna : Hijau kekuningan.

c. Kandungan : Olivine dengan komposisi kimia (MgFe)2SiO4.

d. Indeks Bias : 1,65 – 1,69.

e. Pembiasan Ganda : 0,035 – 0,038.

f. Berat Jenis : 3.34.

g. Skala Kekerasan (Mohs) : 6,5 – 7.

3. Penilaian Peridot

a. Color (Warna) : Peridot terbaik adalah yang memiliki warna hijau rumput, namun yang banyak ditemukan adalah hijau kekuningan.

b. Clarity (Kejelasan) : Peridot terbaik adalah yang tidak memiliki inklusi atau bening. Terkadang terdapat bintik-bintik kecil yang hanya dapat dilihat dengan lup (kaca pembesar). Keberadaan noda ini akan menurunkan nilai Peridot, meski tidak signifikan.

c. Cut (Pemotongan) : Peridot dipotong dalam bentuk yang beragam. Kualitas pemotongan akan menentukan nilainya pula.

d. Carat Weight (Karat) : Peridot berukuran besar memiliki berat lebih dari 50 karat. Sebagaimana permata lainnya, karat akan mempengaruhi nilai Peridot.

4. Jenis-jenis Peridot

Peridot hanya terdiri dari satu jenis, yaitu Peridot yang berwarna hijau kekuningan. Warna hijau dapat menjadi lebih tajam, namun bukan merupakan jenis yang berbeda.

Beberapa jenis Peridot terkenal, yaitu :

–    Peridot 312 karat : Peridot seberat 311,80 karat yang berasal dari Pulau Zabargad Mesir. Merupakan koleksi Smithsonian Institution.

–    Green Goddes : Peridot Zabargad hampir sempurna seberat 154 krat yang dibeli dari World’s Columbian Exposition pada 1893. Saat ini bagian koleksi Chicago Field Museum.

–    Peridot 127 karat : Peridot Zabargad yang merupakan koleksi Museum of Natural History di Chicago.

–    Peridot 146 karat : Merupakan koleksi Natural History Museum London.

–    Sequel Pallasite : Merupakan potongan meteorit yang ditemukan di Argentina pada tahun 1951 dan dikoleksi di London’s Natural History Museum.

–    Kristal Zabargad : Peridot spektakuler seberat 346,45 karat berasal dari Pulau Zabargad Mesir, jadi bagian koleksi GIA (Gemological Institute of America).

5. Negara Penghasil Peridot

Indonesia tidak menghasilkan Peridot. Batu mulia ini ditambang di negara-negara berikut : Mesir, Amerika Serikat, Australia, Brazil, China, Kenya, Mexico, Myanmar, Norwegia, Pakistan, Arab Saudi, Afrika Selatan, Tanzania, dan Sri Lanka.

6. Cara Memperoleh

Penambangan adalah cara utama untuk mendapatkan Peridot. Pembuatan Peridot sintetis memang bisa dilakukan namun tidak lazim.

7. Khasiat Batu Peridot

a. Penggunaan gelas dari bahan Peridot dipercaya dapat membuat obat lebih manjur.

b. Sebagaimana permata lainnya, Peridot memiliki kemampuan untuk mengusir hawa negatif dan meningkatkan energi positif.

c. Meningkatkan optimisme pemakainya agar impian dapat terwujud.

d. Menstimulasi kelenjar adrenal dengan memberikan energi agar kesehatan fisik dan mental bisa seimbang.

e. Peridot dipergunakan untuk batu kelahiran bulan Agustus dan perayaan ulang tahun ke-15.

8. Harga

a. Harga Emperan
Peridot sangat banyak tersedia pada penjual batu mulia di emperan. Harganya mulai Rp 50.000

b. Harga Toko
Harga Peridot cukup terjangkau dan cukup tersedia di pasaran. Untuk Peridot dengan karat yang kecil, harganya hanya puluhan ribu rupiah. Makin besar karatnya maka harganya akan semakin mahal.

9. Cara Mengenali Peridot Asli

a. Terapkan kriteria penilaian Peridot yang telah disebutkan sebelumnya.

b. Ajaklah orang berpengalaman untuk mendapatkan Peridot yang sesuai.

c. Perlu hati-hati Peridot palsu yang terbuat dari plastik atau kaca. Maka perlu diperhatikan kilau dan inklusinya.

loading...
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge