Mengenal Air Infus atau Infused Water dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Home ยป Pusaka Kesehatan ยป Mengenal Air Infus atau Infused Water dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Infused water atau spa water atau dalam bahasa indonesia disebut air infus tengah menjadi trend kesehatan yang baru baik diluar negeri dan kini merebak sampai ke Indonesia.ย  Di luar negeri, Infused water dipopulerkan oleh blogger asal oregon AS bernama Amy Pogue. Ia sendiri mengaku terinspirasi oleh ibunya yang sejak kecil selalu memberinya air dengan potongan lemon didalamnya.

Infused water adalah air putih yang telah diberi tambahan potingan buah atau herbal sehingga memberikan sensasi rasa air tertentu dan bermanfaat bagi kesehatan. Secara teknis, infused water dibuat dengan memasukan irisan buah-buahan ke dalam air putih, kemudian didiamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air akan berubah rasanya.

Keunggulan air infus atau infused water adalah :

– Bahan yang mudah diperoleh

– Cara membuatnya mudah dilakukan oleh siapa saja

– Buah atau herbalnya mengandung zat gizi dan mineral yang baik untuk kesehatan

– Membantu kita untuk mengkonsumsi air lebih banyak dan membantu mereka yang tidak suka buah agar lebih menyukai buah.

– Dapat menciptakan banyak macam rasa, aroma sesuai yang di inginkan

– Membantu proses detoksifikasi (mengeluarkan racun) tubuh

– Membantu mengendalikan berat badan

Membuat infused water dapat menggunakan setengah liter air dan satu buah dimana buah yang digunakan usahakan yang memiliki rasa asam (acid) atau netral karena rasa manis cenderung menimbulkan rasa bosan jika diminum dalam jumlah banyak. Beberapa buah yang bisa digunakan untuk air infus adalah anggur, apel, belimbing, buah naga, jeruk nipis, kiwi, lemon, nanas, mangga,mentimun, jeruk/orange.

Infused water pada prinsipnya tidak hanya berisi irisan buah tapi juga bisa dimasukan herbal atau rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, daunt mint, daun kemangi, serai dan lain sebagainya.

See also  Khasiat Grandiflorum Mengobati Luka Bakar

Cara Membuat Air Infus

– Persyaratannya adalah buah harus dalam keadaan segar dan matang yang optimal. Jangan buah-buahan mentah karena banyak zat gizi yang belum terbentuk sempurna selama belum matang.

–ย  Cucilah buah/herbal sebelum di iris.

– Dalam setengah liter bisa di isi dengan 10-15 potongan tipis buah. Lalu simpan dalam kulkas dan diamkan selama 6-12 jam agar sari patinya keluar.

– Air siap dikonsumsi. Disarankan mengkonsumsi air infus sebelum makan agar gizinya bisa langsung diserap tubuh.

Penting untuk di ingat bahwa buah-buahan yang telah dipakai untuk infused water dapat digunakan sekali lagi. Jadi maksimal adalah dua kali pemakaian. Jika di simpan dalam lemari pendingin, infused water bisa bertahan hingga 2-5 hari.

Agar selalu sehat dan bugar, kita sebenarnya tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Salah satu caranya adalah dengan merubah gaya hidup melalui pola minum yang sehat melalui infused water karena minum yang cukup dapat memberikan zat gizi serta mineral yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan daya tahan dari berbagai penyakit.

Tertarik ingin membuat air infus? simak videonya berikut ini :

Subscribe
Notify of
guest

19 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
okoy

t.kasih infonya, ijin dishare

christine

Saya tidak minum air es atau minuman n makanan dingin. Jd untuk membuat infused water apakah mmg hrs dimasukkan ke lemari atau suhu ruangan?waktu ideal untuk membuat infused water kurang lbh brp jam ya?

tika

bisa pakai tambahan gula gak?

Agung

Tambahan gula justru kurang bagus gan. Hidup bisa lebih sehat jika kita bisa mengurangi gula.

hams12

Enak nie kaya’a klo diminum siang bolong

oktastika

Terimakasih informasinya. Sangat bermanfaat. Saya akan coba buat.

ferina

haha… awalnya saya pikir infused water itu air infus yang biasa di rumah sakit itu, taunya beda, bukan itu. saya langsung ketawa. duh, bego juga ya saya ini. *kikikikik*

btw makasih ya infonya, sekarang saya jadi tahu apa itu infused water sebenernya. hahahaahaa. mungkin anytime bisa saya coba sendiri diy di rumah, mungkin rasanya lebih enak daripada fruit-flavoured tea yang biasa saya minum. ๐Ÿ™‚

Rachmat Sonjaya

Minum infused water idealnya bukan hanya mengikuti trend ya, tapi merupakan sebuah upaya nyata untuk membiasakan pola hidup sehat. Tujuan akhirnya tentu saja adalah terjaganya stamina dan kesehatan tubuh. Dan jika menyimak uraian tersebut di atas, banyak sekali ya manfaat dari infused water, cara membuatnya juga mudah. Oleh karena itu tidak ada salahnyakita mencobanya bukan.

nuril

saya akan coba ๐Ÿ˜€ terimakasih ๐Ÿ˜€

Dini

Air infus memang bermanfaat untuk kesehatan, begitu juga lemon, lemon memiliki banyak khasiat

febby

Emmak waaa juga ngamalin ini dgn jeruk lemon hehehee

jhonny

selain segar juga punya manfaat detox, cuma saya ga bisa rutin

dian novita

To. Cristine…Gpp tuk hasil yg maksimal letakan infus water di dlm lemari pendingin 6 -12 jam stlh itu keluarkan dr lenari pendingin (bl tdk suja minuman dingin #biarkan bbrp menit kl sdh tdk dingin br diminum khasiatnya sm aj kok. Selamat mencoba…

nicha

apakah infused water hanya bisa dibuat orang yang memiliki lemari pendingin?

saya tidak memilikinya, apakah itu berarti saya tidak bisa membuatnya?

Lapak Kosmetik

Kalo di buat tidak dingin bisa tidak ya? Ngilu soalnya kalo dengerin ES

lilik

Bagus mana sih ya, antara konsumsi buah-buahan tersebut langsung atau infus water?

dibaca.info

Tren minum air dengan cara baru. Rasa enak dan menyegarkan. Patut dicoba

coretan gado gado

artikel yang bermanfaat. Saya biasanya juga meminum air infused memakai lemon. Minuman yang menyehatkan.