Tanaman Sesuru dan Khasiatnya untuk Kesehatan

khasiat tanaman sesuru

Tanaman sesuru memiliki nama lokal : susudu, sudu-sudu, susuru. Tanaman ini juga memiliki nama latin : Euphorbia antiquorum, dari famili Euphorbiaceae. Adapun nama asingnya adalah : fleshy spurge, common milk hedge (Inggris), huo yang le (China).

Perdu setinggi 1-3 m ini biasanya tumbuh liar di lahan kosong atau ditanam di ladang atau kebun. Batangnya berdaging dan berduri, serta mengandung getah berwarna putih. Tanaman yang bentuknya mirip kaktus ini memiliki daun berdaging yang cukup lebar. Bunganya seperti payung warna kuning. Buahnya kecil, bulat dengan biji.

Tanaman sesuru tersedia di balai pembibitan tanaman herbal. Adapun bagian yang digunakan untuk obat adalah daun, bunga dan batangnya.

Khasiat sesuru : Mengandung antara lain asam amino, asam sitrat, asam malat, asam fumarat, kalsium oksalat, sterol, progesteron. Tanaman ini memiliki efek anti-swelling (antibengkak), antiradang, antidiare, peluruh angin (sendawa). Bisa digunakan untuk mengatasi masalah diare akut, demam, rematik, sembelit, asma, radang telinga, sakit gigi, luka, bisul, radang kulit.

Resep herbal sederhana tanaman sesuru untuk luka, bisul atau radang kulit : datang tanaman sesuru segar digiling halus lalu diperas. Air perasannya dibubuhkan pada bagian yang sakit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *