Peninggalan Masa Kejayaan Islam di Cirebon

keraton-gebang-cirebon

Islam merupakan agama rahmatan lil ‘alamin atau agama yang menjadi rahmat bagi seluruh alam, agama Islam pertama kali disampaikan di tanah Arab oleh Rasulullah SAW yang kemudian agama ini terus menyebar ke berbagai negara di sekitar Jazirah Arab pada jaman Khulafaur Rosyidin, Islam sendiri bahkan telah menyebar ke berbagai wilayah di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia yang mana penyebaran agama Islam di Indonesia kebanyakan dilakukan oleh para pedagang.

Salah satu kota di Indonesia yang memiliki peran penting dalam penyebaran agama Islam terutama di Pulau Jawa adalah kota Cirebon yang mana kota ini merupakan sebuah kota pelabuhan yang berperan sebagai pintu gerbang dari tanah Jawa terhadap dunia luar. Dari kota inilah agama Islam mulai masuk ke Pulau Jawa hingga menjadi seperti sekarang sehingga tidak heran jika di Kota Cirebon terdapat berbagai peninggalan masa kejayaan Islam yang hingga kini peninggalan tersebut masih dirawat dengan baik.

Peninggalan Masa Kejayaan Islam di Cirebon

1. Keraton Gebang

Salah satu peninggalan masa kejayaan Islam yang ada di daerah Cirebon adalah Keraton Gebang yang memiliki lokasi di Dusun Krapyak, Babakan Kulon, Kecamatan Babakan, Keraton Gebang merupakan sebuah bangunan yang difungsikan sebagai pusat pemerintahan dan pusat penyimpanan logistik, Keraton Gebang sendiri didirikan oleh cicit dari Sunan Gunung Jati pada masa kejayaan Islam.

2. Keramat Plangon

Peninggalan Masa Kejayaan Islam lainnya di Cirebon adalah Keramat Plangon yang mana merupakan salah satu makam dari tokoh yang mendakwahkan agama Islam di Cirebon, makam Keramat Plangon ini memiliki lokasi di Desa Babakan Kecamatan Sumber. Makam Keramat Plangon sendiri berupa kompleks makam yang terdiri dari dua makam yakni makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan.

3. Kompleks Buyut Trusmi

Peninggalan masa kejayaan Islam lainnya yang ada di Cirebon adalah Kompleks Buyut Trusmi di mana makam ini merupakan salah satu kompleks makam yang ramai diziarahi oleh masyarakat Cirebon dan sekitarnya, Buyut Trusmi sendiri merupakan salah satu tokoh penting yang menyebarkan agama Islam kepada masyarakat di Cirebon, di kompleks makam ini terdapat sebuah masjid di bagian selatan.

4. Makam Sunan Gunung Jati

Peninggalan keempat pada masa kejayaan Islam adalah makam Sunan Gunung Jati, makam ini selalu ramai diziarahi terutama pada Bulan Syawal oleh berbagai masyarakat baik yang berada di Cirebon maupun masyarakat dari daerah lainnya, hal ini karena Sunan Gunung Jati merupakan salah stu Wali Songo yang berperan penting terhadap syiar agama Islam di daerah Cirebon dan sekitarnya.

5. Keramat Syekh Magelung Sakti

Peninggalan masa kejayaan Islam yang kelima di Cirebon adalah Keramat Syekh Magelung Sakti yang juga merupakan makam dari salah satu tokoh pendakwah agama Islam di daerah Cirebon dan sekitarnya, Syekh Magelung Sakti sendiri dikenal dalam mengajarkan agama Islam melalui sistem padepokan, makam ini berlokasi di dekat jalan raya yang menghubungkan antara Cirebon dan Indramayu.

Cirebon merupakn sebuah daerah yang memegang peranan penting dalam masa penyebaran agama Islam di Pulau Jawa sehingga terdapat banyak peninggalan bersejarah pada masa itu.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge