Lukisan Kaca Warisan Budaya Asli Cirebon

lukisan-kaca-cirebon

Warisan budaya asli Cirebon terdapat pada lukisan kaca yang memiliki bentuk dan motif yang unik, dan saat ini bisa dengan mudah anda jumpai di Cirebon. lukisan kaca merupakan kerajinan tradisional Cirebon dengan tampilannya yang khas, serta bentuknya yang unik. Hiasan dinding ini ternyata bukanlah sekedar pajangan saja, namun tersimpan nilai sejarah hingga spiritual yang kental di lukisan kaca ini. sejarah lukisan kaca bermula pada abad ke 16 yang dikenalkan oleh pedagang cina di Cirebon.

Seiring perkembangan jaman, lukisan kaca berkembang sebagai media dakwah Sunan Gunung Jati, ketika ajaran islam mulai memasuki Cirebon. maka tidak heran jika saat ini nuansa Cina yang kental berpadu dengan kaligrafinya yang cantik sering dijumpai di lukisan kaca ini. nah, anda yang ingin mengenal kerajinan lukisan kaca ini secara jelas maka berikut adalah ulasan menariknya yang bisa anda ketahui.

Mengenal Lukisan Kaca Asli Cirebon

1. Sejarah Lukisan Kaca
Lukisan kaca merupakan kerajinan tangan khas Cirebon yang mulai dikenal sejak abad 16 Masehi. Awal mula lukisan kaca merambah Cirebon dibawa oleh pedagang Cina yang singgah ke Cirebon. motif – motifnya tidak jauh dari pengaruh kebudayaan Cina dan seiring dengan perkembangan jaman lebih bervariasi. Bahkan kerajinan tangan ini juga dimanfaatkan sebagai media penyebaran agama islam dengan tema lukisan kaca yang saat ini banyak bernafaskan islam.

2. Media dakwah agama islam
Oleh Sunan Gunung Jati, Lukisan Kaca digunakan sebagai media penyebaran agama islam sehingga lebih mudah diterima masyarakat Cirebon dikala itu. Penyebaran agama islam di Cirebon memang tidak terlepas dari kesenian khasnya yang dicampur dengan nilai – nilai ajaran islam didalamnya. motif kaligrafi menjadi dominasi khas yang hingga saat ini banyak ditemui di lukisan kaca khas Cirebon.

3. Masa keemasan
Lukisan kaca mengalami puncak keemasannya pada abad ke 20 dimana hampir seluruh rumah disekitar tahun 1950an menggunakan lukisan kaca sebagai hiasan dindingnya. Namun seiring perkembangan jaman lukisan kaca tergerus oleh lukisan modern namun saat ini masih ada pengrajin lukisan kaca yang masih eksis. Selain sebagai media dakwah beberapa motif di lukisan kaca seperti pemandangan, wayang dan lainnya juga terdapat sebagai motif lainnya yang banyak dipasaran.

4. Dipercaya memiliki kekuatan supranatural
Ada sebagian masyarakat yang percaya bahwa lukisan kaca ini kaya akan sisi supranatural didalamnya. unsur supranatural ini kental dari beberapa pembuatnya yang mesti mencari tanggal yang cocok serta melakukan beberapa ritual terlebih dahulu. Memang hingga saat ini ada beberapa pelukis kaca yang masih teguh menggunakan pakem tersebut namun ada beberapa pula yang hanya melukis saja tanpa melakukan ritual – ritual terlebih dahulu.

5. Tema lukisan kaca
Tema lukisan kaca beragam yang sebagian besar bernafaskan islam yaitu kaligrafi. Selain kaligrafinya yang khas lukisan kaca juga sebagai media yang digunakan untuk mengkritik tatanan kehidupan atau peristiwa yang sedang terjadi dengan tampilan karikatur yang memiliki nuansa ironi didalamnya.

Nah, itulah sekilas tentang sejarah lukisan kaca dan berbagai hal lainnya yang bisa menambah pengetahuan anda tentang kerajinan asli Cirebon ini. semoga bermanfaat.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge