Karya Seni Khas Cirebon

Seperti halnya daerah lain, Cirebon juga memiliki karya seni khasnya yang menjadi kekayaan dan warisan budaya yang saat ini masih eksis dan bisa menjadi buah tangan anda ketika berkunjung ke Cirebon. karya – karya seni khas Cirebon ini, tidak lepas dari sejarah yang dibawa oleh Sunan Gunung Jati, tokoh penting penyebaran agama islam di tanah Cirebon. Misalnya lukisan kaca yang sudah ada sejak abad 16 Masehi digunakan sebagai media penyebaran agama islam.

Hal ini terdapat pada motif kaligrafi yang menjadi sebagian besar motif lukisan kaca yang sering dijumpai dipasaran, serta beberapa karya seni lainnya yang kental dengan nafas islam. Selain berupa lukisan dan kerajinan tangan, karya seni khas Cirebon juga terdiri kesenian daerah yang dulu juga digunakan sebagai media penyebaran agama islam. Nah, apa saja karya seni khas Cirebon yang hingga kini masih eksis dan bisa anda jumpai, berikut adalah beberapa ulasannya yang bisa anda diketahui.

Beberapa Karya Seni Khas Cirebon

  1. Lukisan Kaca

Lukisan kaca sudah dikenal di Jawa Tengah sebagai media penyebaran agama islam oleh Wali Sanga, serta merambah ke Cirebon. Karya seni yang terbuat dari kaca ini biasanya berisi kaligrafi serta aneka karakter wayang yang dibuat secara manual. Namun saat ini kerajinan bernilai seni tinggi ini sudah makin jarang ditemui.

lukisan-kaca-cirebon

 

  1. Buroq

Selain lukisan kaca pertunjukan seni menjadi daftar karya seni lainnya yang dimiliki Cirebon. pertunjukan seni ini merupakan pertunjukan dengan membawa boneka – boneka besar berbentuk macan, kuda terbang, singa. Kesenian tradisional ini terinspirasi oleh perjalanan Nabi Muhammad menggunakan Buraq. Biasanya kesenian buraq diadakan disetiap hari – hari besar umat islam.

kesenian-buraq

 

  1. Batik Cirebon

Selain daerah Jawa Tengah yang terkenal dengan batiknya, Cirebon juga memiliki kesenian batik yang menarik dengan motif – motifnya yang khas. Batik Cirebon merupakan batik pesisir dengan motif mega mendungnya yang terkenal. Motif batik cirebon didominasi warna – warna cerah batik pesisir. Salah satu yang terkenal menjual batik Cirebon adalah Batik Trusmi dengan berbagai koleksi kain batik dan aneka baju berbahan kain tradisional ini.

batik cirebon naga silam

 

  1. Kerajinan gerabah

Pusat kerajinan gerabah yang sudah lama eksis ada di Sitiwinangun sekitar 15 m dari pusat kota Cirebon. tradisi membuat gerabah sudah ada sejak dulu, dimana Sitiwinangun merupakan daerah pertanian dengan kontur tanahnya yang liat sehingga banyak dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk membuat kerajinan gerabah. Kini. Gerabah khas Cirebon memiliki nilai jual tinggi bahkan sudah berkualitas ekspor.

gerabah-cirebon

 

  1. Topeng Cirebon

Topeng yang terbuat dari kayu ini memiliki nilai seni tinggi karena pembuatannya memerlukan tingkat kreativitas dan ketekunan yang tinggi. Topeng Cirbon banyak anda temui di Jalan Cipto Pekiringan, Kesambi, Cirebon. biasanya, topeng dengan berbagai warna karakternya yang khas ini menjadi properti untuk tari topeng cirebon dengan karakternya yang paling terkenal adalah Topeng Panji.

topeng-cirebon

Demikian beberapa karya seni khas Cirebon yang bisa anda ketahui. Sudah sepatutnya kita turut melestarikan karya seni tersebut agar tidak punah tergerus kemajuan jaman.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge