Mengenal Batu Biduri Bulan (Moonstone)

batu biduri bulan moonstoneSalah satu budaya di indonesia adalah mengkoleksi batu mulia atau batu akik. Kali ini kita akan membahas batu biduri bulan atau yang dikenal dengan moonstone.

1.    Asal
Moonstone telah digunakan sebagai perhiasan sejak lama, terutama oleh bangsa Yunani dan Romawi. Kedua bangsa ini percaya bahwa batu Biduri Bulan berasal dari pecahan rembulan yang sampai ke bumi. Batu ini merupakan salah satu mineral feldspar yang paling dikenal dan banyak dipergunakan untuk perhiasan, sebab selain indah, harganya juga tidak terlalu mahal. Meski sangat umum, namun batu Biduri Bulan yang berkualitas tinggi cukup sulit untuk ditemukan. Namun hal tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para kolektor. Moonstone terkenal akan kemampuannya untuk menampilkan adularescence. Adularescence adalah fenomena cahaya yang muncul mengepul di permata. Selain efek adularescence, batu Biduri Bulan juga sering menampilkan efek Cat’s Eye.

2.    Ciri-ciri

a.    Bentuk : Kristal, tergantung pemotongan.
b.    Warna : Tak berwarna, ke putih-putih susuan, abu-abu, hijau, cokelat.
c.    Kandungan : Felspar dengan rumus kimia KAlSi3O8.
d.    Indeks Bias : 1.518 – 1.526.
e.    Pembiasan Ganda : 0.05 – 0.008.
f.    Berat Jenis : 2.58.
g.    Skala Kekerasan (Mohs) : 6.0 – 6.5.

3.    Penilaian Berlian
Ada empat faktor yang berpengaruh dalam penilaian suatu berlian. Empat faktor tersebut umum dikenal dengan sebutan 4C yang terdiri atas :
a.    Clarity (Kejelasan) : Sering pada batu Biduri Bulan muncul inklusi yang sangat kecil, berbentuk retakan yang sering disebut dengan kelabang.
b.    Color (Warna) : Moonstone terbaik adalah yang tampak seperti kaca dan menimbulkan shimmer biru elektrik.
c.    Cut (Pemotongan) : Paling umum batu Biduri Bulan dipotong dalam bentuk cabochon untuk menghasilkan efek adularescence.
d.    Carat Weight (Berat Karat) : Batu Biduri Bulan tersedia dalam beragam ukuran karat, yang mana jika semakin tinggi karatnya maka tinggi pula nilainya.

4.    Jenis-jenis Moonstone
Moonstone tidak dibagi menjadi banyak jenis, sebab hanya terdiri dari satu macam saja. Hal yang membedakan antara Biduri Bulan satu dan yang lainnya hanyalah ukuran, warna, dan efek yang dihasilkan. Sehingga Moonstone lebih mudah dikenali dibandingkan jenis batuan lainnya yang dibagi menjadi banyak jenis.
5.    Daerah Penghasil Moonstone Di Indonesia

Moonstone merupakan batuan hasil pertambangan yang dihasilkan dari luar negeri. Negara yang mengekspor Moonstone adalah Sri Lanka. Meski banyak didatangkan dari luar negeri, Moonstone harganya cukup terjangkau.

6.    Cara Memperoleh

Moonstone alami pastinya diperoleh dari hasil pertambangan. Sedangkan Biduri Bulan sintetis dihasilkan dari proses di laboratorium, bahkan saat ini ada yang terbuat dari plastik. Tentu saja agar terhindar dari penipuan, Anda harus mengecek keaslian batu Biduri Bulan yang hendak Anda beli.

7.    Khasiat Batu Biduri Bulan

Secara umum, banyak orang percaya bahwa Biduri Bulan mengaktifkan energi positif dan membuat seseorang yang memakainya selalu mengalami mimpi indah di sepanjang tidurnya.

– Biduri Bulan Motif Mata Kucing
Dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mata, menenangkan pikiran, menyeimbangkan Yin dan Yang serta untuk meningkatkan konsentrasi

– Baiduri Bulan Warna Abu-Abu (Gray Moonstone)
Dipercaya dapat meningkatkan kepekaan atau intuisi, membuka mata batin, agar lebih waskita.

– Biduri Bulan (White Moonstone)
Dipercaya dapat merangsang persepsi psikis, meningkatkan daya ingat, mengaktifkan energi kundalini pada seorang wanta serta dapat menyeimbangkan emosional bagi pria, menenangkan anak-anak yang sulit tidur, mengusir mimpi buruk dan insomnia

– Biduri Bulan Kuning (Yellow Moonstone)
Dipercaya dapat meningkatkan daya kerja jantung.

– Biduri Bulan Wrna Pelangi (Rainbow Moonstone)
Dipercaya dapat menstimulasi aura, mengatasi akibat gangguan insomnia (sulit tidur).

8.    Harga

a.    Harga Emperan
Batu Biduri Bulan di emperan tersedia yang masih berbentuk butiran dan telah terpasang pada cincin. Untuk batu Biduri Bulannya saja dibanderol mulai harga Rp 75.000 sampai ratusan ribu, sebab tidak ada patokan harga tertinggi di pedagang kecil.

b.    Harga Toko
Tidak terdapat perbedaan yang jauh antara pedagang besar dan kecil. Keduanya menerapkan harga yang hampir mirip untuk batu Biduri Bulan. Hanya, di pedagang besar lebih menyediakan Moonstone dalam karat yang besar atau kualitas yang tinggi. Sehingga rata-rata harga yang ditawarkan adalah mulai Rp 100.000 sampai jutaan rupiah, sangat tergantung dari kualitas batu dan jenis logam yang dipergunakan sebagai cincin.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge