Masjid Bersejarah Di Cirebon

Cirebon merupakan pusat penyebaran agama islam di Jawa Barat dengan Sunan Gunung Jati sebagai tokoh pentingnya. Sebagai pusat penyebaran agama islam tempo dulu tentu saja masjid – masjid bersejarah banyak terdapat di tanah Cirebon yang hingga saat ini masih berdiri kokoh sebagai warisan sejarah serta tempat wisata religi yang bisa menambah nilai spiritual anda ketika mengunjunginya. Masjid bersejarah di Cirebon ini memiliki fungsi yang sangat kompleks selain sebagai tempat ibadah.

Masjid – masjid ini merupakan pusat penyebaran dan pengajaran agama islam di Cirebon serta menjadi tempat untuk musyawarah dan memasang strategi dalam menghadapi penjajah. Salah satunya Masjid Sang Cipta Rasa, Masjid yang dibangun oleh Sunan Gunung Jati pada tahun 1480 Masehi dengan bangunan merahnya yang menjadi ciri khas masjid ini. selain Masjid Sang Cipta Rasa terdapat banyak lagi masjid bersejarah lain di Cirebon yang akan diulas lebih lengkap berikut ini.

Berikut adalah destinasi masjid bersejarah di Cirebon :

1. Masjid Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini mulai dibangun tahun 1480 M oleh Sunan Gunung Jati dimana pembangunan masjid ini melibatkan 500 orang dengan arsiteknya Sunan Kalijaga. Arsitektur khas masjid agung ini ada pada atapnya yang tidak memuncak serta terdiri atas dua ruangan yaitu beranda dan ruang utama masjid. Dibagian beranda terdapat sumur zam – zam yang diyakini berkhasita mengobati berbagi penyakit. Lokasi Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini di Jalan Keraton Kasepuhan no.43.

masjid sang cipta rasa

 

2. Masjid Trusmi

Yang selanjutnya adalah Masjid Trusmi yang menjadi salah satu cagar budaya Cirebon dengan berbagai peninggalan sejarahnya yang banyak tersimpan didalamnya. Masjid Trusmi ini, memiliki sumber air yang dipercaya mampu menyembuhkan penyakit yaitu Pekulahan. Masjid dengan ornamennya yang khas ini merupakan tempat penyebaran agama islam tempo dulu. Lokasi Masjid Trusmi di Kampung Dalem, Desa Trusmi Wetan, Kecamatan Weru Cirebon.

masjid trusmi

 

3. Masjid Pejlagrahan

Masjid Pejlagrahan merupakan masjid pertama dan paling tua yang dibangun di Cirebon. masjid bersejarah ini dibangun oleh Pangeran Cakrabuana di daerah Kampung Grubugan, Kelurahan Kasepuhan Lemahluwuk. Masjid yang dibangun 100 tahun sebelum masjid Sang Cipta Rasa berdiri ini, memiliki riwayat kepengurusan yang turun temurun yang sengaja dibangun untuk para nelayan mencari ilmu agama. Masjid dengan arsitekturnya yang menarik ini digunakan Pangeran Cakrabuana sebagai pusat penyebaran agama islam disekitar daerah Nelayan.

masjid pejlagrahan

 

4. Masjid Kaliwulu

Masjid Kaliwulu ini memang tidak setenar Masjid Sang Cipta Rasa atau Masjid Pejlagrahan. Namun sejarahnya juga tak kalah menarik dari Masjid yang letaknya di Desa Kaliwulu, Weru Cirebon. arsitektur masjid yang dibangun sekitar tahun 1826 M ini, memiliki atap tumpang satu, dengan tiang utamanya berjumalh empat buah. Selain itu terdapat hiasan dipuncak atapnya serta makam disekitar halaman masjid. Selain itu, di sisi barat masjid ini terdapat gapura yang terbuat dari kayu serta pendopo untuk istirahat.

masjid kaliwulu

Nah, itulah beberapa masjid bersejarah di Cirebon yang menjadi bukti kuatnya penyebaran agama islam di tanah Cirebon, serta bisa menjadi destinasi wisata religi anda di Cirebon. semoga bermanfaat.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge