Begini Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Cara Mengatasi Gusi BengkakGusi bengkak merupakan salah satu masalah gangguan mulut yang tidak menyenangkan. Disamping sulit untuk digunakan berbicara, gusi yang bengkak juga sering membuat penderitanya merasa kesakitan yang tak tertahankan. Oleh sebab itu, bagi Anda yang saat ini sedang mengalami gusi bengkak, ada baiknya segera diobati agar tidak mengganggu aktifitas Anda sehari-hari.

Jika Anda belum mengetahui cara mengobati gusi bengkak secara alami, ada baiknya Anda membaca ulasan di bawah ini. Berikut cara mengatasi gusi bengkak secara alami yang wajib Anda coba!

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

Dibawah ini ada beberapa cara mengatasi gusi bengkak secara alami yang bisa kami infokan kepada Anda. Adapun cara mengatasinya ialah sebagai berikut:

Lada Hitam Dan Minyak Cengkih

Cara mengatasi gusi bengkak secara alami yang pertama ialah dengan ramuan lada hitam dan minyak cengkih. Lada hitam dan minya cengkih merupakan bahan alami yang sudah terbukti khasiatnya dalam meredakan nyeri pada gusi bengkak. Caranya, oleskan minyak cengkeh dan lada hitam (sedikit saja) pada area gusi yang bengkak. Biarkan selama beberapa menit dan berkumurlah.

Daun Sirih

Kandungan zat antiseptik yang terdapat dalam daun sirih ternyata mampu mengobati pembengkakan pada gusi. Caranya, ambillah 10 daun sirih kemudian di cuci hingga bersih. Setelah itu, campurkan 10 helai daun sirih, kunyit, dan juga sedikit garam pada air 500cc. Rebuslah campuran bahan herbal tersebut. Setelah direbus, saringlah air dari ampasnya. Jadikan air hasil rebusan tersebut sebagai obat kumur dan bisa juga untuk diminum.

Gosok Gigi

Cara mengatasi gusi bengkak selanjutnya ialah dengan gosok gigi. Dalam hal ini, menggosok gigi dilakukan hanya untuk tujuan mengurangi rasa nyeri pada gusi yang bengkak. Disamping itu, ketika menggosok gigi jangan terlalu keras dan memberikan penekanannya. Jika kita terlalu keras dalam menggosok gigi, tentu lapisan atas gigi akan mudah rusak. Lakukan gosok gigi secara teratur maksimal 2-3 kali dalam sehari sesudah makan.

Memijat Gusi

Memijat gusi merupakan alternatif lain yang bisa kita lakukan guna mengurangi rasa nyeri yang sedang terjadi. Dalam hal ini pastikan bahwa tangan Anda sudah bersih. Lakukan pemijatan pada area disekitar gusi yang bengkak dengan arah pijatan melingkar.

Rajin Mengkonsumsi Sayur dan Buah

Percaya atau tidak, cara mengatasi gusi bengkak yang cukup mujarab ialah dengan rajin mengkonsumsi dan buah. Dalam hal ini, sayur dan buah memiliki zat aktif yang mampu menjaga kebersihan mulut dengan baik. Sehingga nantinya diharapkan bakteri dan kuman penyebab gusi bengkak bisa hilang secara alami tanpa menimbulkan efek samping bagi kesehatan gigi.

Hindari Merokok dan Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol dan rokok merupakan salah satu penyebab terjadinya gusi bengkak. Tentunya, ketika mengetahui penyebab gusi bengkak ini, ada baiknya untuk segera mengurangi atau bahkan menghentikan konsumsi rokok dan minuman beralkohol agar Anda terhindar dari yang namanya gusi bengkak ini.

Nah itulah tadi beberapa cara mengatasi gusi bengkak secara alami yang bisa kami infokan kepada Anda semua. Melihat efek samping yang ditimbulkan dari gusi bengkak ini cukup menyebalkan, tentu tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba cara diatas satu persatu. Namun jika tidak berhasil, ada baiknya Anda pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan gusi yang benar.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge