Sejarah dan Properti Tari Pendet

sejarah tari pendet

Tentunya kamu tidak asing lagi dengan Tari Pendet. Indonesia memiliki banyak jenis tari khas daerah dengan keunikan masing-masing. Nah, berikut informasi tentang Tari Pendet lengkap beserta dengan property yang digunakan.

Kesenian budaya Indonesia tentu sangat beragam. Setiap daerah pasti memiliki tari khas masing-masing dengan beragam jenis dan property khas daerah. Beberapa tari tanah air bahkan sampai dikenal hingga seluruh dunia.

Tari Pendet menjadi salah satu tari tradisional yang harus dilestarikan hingga sekarang. Kamu dapat mengetahui beberapa informasi terkait dengan tari tradisonal satu ini. Simak informasi selengkapnya terkait dengan Tari Pendet berikut ini.

Sejarah Tari Pendet

Tari Pendet adalah tari yang berasal dari Bali. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Bali tentu ingin melihat tarian khas satu ini. Selain itu, Tari Pendet menjadi tarian yang paling tua di Bali. Tari Pendet memiliki gerakan yang unik dengan properti yang kental dengan kebudayaan khas Bali. Tari ini memiliki keunikan yang tentunya menarik banyak wisatawan.

Kepopuleran dari Tari Pendet membuatnya menjadi salah satu ikon dari pulau Bali. Dahulu, tari ini digunakan sebagai salah satu  hiburan masyarakat yang berkeyakinan Hindu. Saat ini, Tari Pendet menjadi salah satu hiburan bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali baik wisatawan lokal maupun asing.

Properti yang Digunakan pada Tari Pendet

Tari yang sangat kental dengan budaya Bali satu ini memiliki properti yang menarik. Setiap properti tentu memiliki makna dari penggunaannya. Berikut beberapa properti yang digunakan dalam Tari Pendet.

Mahkota

Mahkota menjadi salah satu properti yang khas dari Tari Pendet. Mahkota yang indah ini juga menjadi salah satu daya tarik dari Tari Pendet. Bentuk dan besar mahkota juga beragam yang disesuaikan dengan konstum yang digunakan penari. Selain itu, penggunaan mahkota biasanya akan ditambah dengan bunga cempaka, mawar, dan kamboja.

Kemben

Kemben adalah kain yang digunakan untuk menutupi tubuh bagian dada sampai pinggang penari. Kemben yang digunakan pada Tari Pendet biasanya memiliki warna emas atau merah. Kemben biasanya digunakan diatas tapih.

Tapih

Kain khusus yang digunakan sebagai bawahan adalah tapih. Tentunya tapih sangat umum digunakan oleh penari di Indonesia. Kain tapih biasanya dihiasi dengan motif batik crapcap. Selain itu, ada sabuk stagen juga dibagian pinggul sebagai pengikat dan pengencang tapih.

Gelang

Gelang menjadi salah satu properti yang sering dijumpai di berbagai tarian. Gelang yang digunakan pada Tari Pendet adalah gelang yang dibuat dari perak dengan lapisan emas. Tentunya, gelang disesuaikan dengan properti lainnya seperti kostum dah mahkota sehingga tampak serasi.

Bokor

Bokor menjadi salah satu properti utama yang digunakan dalam Tari Pendet. Properti ini memiliki bentuk yang cekung dengan tepian yang lebar. Biasanya bokor dipegang dengan tangan kanan penari. Bokor yang digunakan pada Tari Pendet berisi bunga dengan warna-warni dan janur kuning.

Selendang

Selendang yang digunakan biasanya disebut juga dengan Kacrik Prade. Kain ini dililitkan pada bagian pinggang penari. Kain memiliki warna merah atau kuning. Selendang ini tentu disesuaikan dengan konsep dan properti lainnya pada Tari Pendet.

Setiap properti yang digunakan tentu menggambarkan budaya Bali yang kental. Setiap keunikan yang dimiliki dari Tari Pendet membuat tertarik para wisatawan yang berkunjung ke Bali. Dengan mengetahui tentang sejarah dan properti yang digunakan dari Tari Pendet, tentunya kamu dapat mengatahui warisan budaya tanah air.

Tags:,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *