Khasiat Tanaman Ranggis Untuk Pengobatan Alternatif

khasiat tanaman ranggis

Tanaman ranggis (jawa) memiliki nama latih Lonicera japonica, dari famili Caprifoliaceae. Tanaman ranggis tumbuh liar di hutan-hutan jati atau hutan campuran, tanaman ini merupakan semak yang sedikit menjalar dengan panjang 1,5-3 m. Berakar serabut, batangnya bulat, kasar, warna cokelat. Daunnya tunggal bentuk lonjong dengan ujung meruncing, berbulu dan berwarna hijau. Bunganya majemuk bentuk kipas sedangkan mahkotanya seperti pipa warna putih. Buahnya bulat, berbulu, warna hijau dan bijinya bulat, keras, warna putih.

Tanaman ranggis tersedia di balai pembibitan tanaman obat. Adapun bagian yang digunakan untuk obat adalah daun. Khasiat tanaman ranggis : anti bakteri, anti radang dan penurun panas. Bisa dimanfaatkan untuk mengobati influenza dan radang rahim.

Resep herbal sederhana :

  1. Radang rahim : 60 g daun ranggis segar dicuci, lalu direbus dengan 400 ml air selama 15 menit, saring, airnya diminum 2 kali sehari pagi dan sore.
  2. Influenza : 30 g daun segar dicuci, lalu direbus dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas, saring, airnya diminum sekaligus. Lakukan sehari 3 kali.

Add a Comment

Your email address will not be published.