Wisata Kuliner : 7 Sate Lezat Makanan Khas Jawa Tengah yang Nyesel Klo Gak Nyobain

Makanan khas Jawa Tengah. Makanan yang di tusuk-tusuk menggunakan bambu ini sangat di gemari oleh Masyarakat Indonesia. Sate merupakan bagian dari kekayaan kuliner bangsa kita, sama hal nya dengan rendang, nasi goreng dan soto. Sobat pasti suka’ kan dengan makanan yang biasa di sandingkan dengan bumbu kacang maupun kecap ini? Pernah nyoba jenis sate apa saja?.

Ngomongin soal sate, di Jawa Tengah banyak sekali jenis sate yang lezat yang bisa kamu cicipi. Setiap daerahnya memiliki ciri khas dari segi rasa maupun penyajiaannya. Bahkan beberapa sate hanya ada di daerah asalnya, meskipun ada yang menjual di daerah lain rasa nya tidak selezat di tempat asalnya.

Pada edisi kali ini kami akan menyajikan ulasan tentang sate yang menjadi makanan khas Jawa Tengah. Langsung saja simak info selengkapnya dibawah ini!.

#1. Sate Suruh Salatiga, Di suruh santap terus nih, jadi ingin nambah!

Kota Salatiga berada tepat di pertengahan jalur Semarang dan Solo, kalau kamu lagi singgah di kota ini, sobat wajib mencicipi sate sapi suruh. Lokasi nya ada di pusat kota Salatiga, jalan Sudirman. Tak butuh waktu lama, kamu bisa langsung menikmati suguhan sate yang di baluri oleh saus kacang kasar yang rasanya manis dan kental.

Di atas piring yang beralaskan daun pisang sudah tersaji potongan ketupat sebagai pelengkap. Ambil satu tusuk sate lalu gigitlah dengan mantap dan rasakan daging sapi yang empuk masuk kemulut bercampur dengan rasa yang gurih manis di iringi aroma kencur dan kunyit yang menyegarkan.

Menurut pemilik warung, sate sapi suruh sudah ada dari tahun 1962. Nama suruh diambil dari desa tempat pertama kali sate ini di buat dan di jual.

sate suru

 

#2. Sate Ambal Kebumen memiliki rasa yang manis seperti permen, penasaran..?

Sate khas Jawa Tengah ini memiliki rasa yang manis, sate Ambal ini memang berbeda dan merupakan anugerah bagi yang sudah pernah mencobanya. Terbuat dari irisan daging ayam yang empuk dengan racikan dari bumbu-bumbu seperti jahe dan rempah dipadukan dengan gula nira yang manis.

Saus sate ambal ini berbeda dengan saus sate lainnya dan tidak akan kamu temui di tempat lain. Saus ini terbuat dari bahan dasar tempe dengan rasa yang manis, unik kan!.

Ketupat adalah teman yang pas untuk menikmati sate ambal ini. Tempat yang enak dengan rasa asli nya bisa kamu dapatkan di Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal di jalan Daendels, kurang lebih 20 km dari pusat kota Kebumen. Banyak warung sate Ambal di sepanjang jalan ini, tapi yang paling terkenal adalah warung sate pak Kasman.

sate ambal

 

#3. Sate Sarepeh Rembang akan membuat perjalanan sobat lebih berwarna

Makanan khas Jawa Tengah yang berbahan sate selanjutnya ada di wilayah Rembang. Kalau sobat singgah atau sekedar lewat di daerah ini tapi tidak mencoba kenikmatan sate  sarepeh, rasa nya tuh nyesek banget.

Sate Sarepeh terbuat dari irisan daging ayam yang ditusuk dengan lidi lalu disiram dengan saus khas yang di buat dari racikan, santan, gula merah, saus sambal dan bumbu kacang. Supaya tambah nikmat lagi, makan nya pakai nasi, tahu dan kecambah yang disiram dengan sayur lodeh atau bumbu kacang.

Warung sate sarepeh yang enak dan terkenal ada di jalan Wahidin no. 9 warung Bu Slamet, tapi hanya buka di pagi hari. Kalau ingin menyantap di sore atau malam hari, tempat yang direkomendasikan ada di warung Pak No.

sate sarepeh

 

#4. Sate Kelinci Tawangmangu, menghangatkan tubuh dari dinginnya lereng Gunung Lawu

Berbagai daerah di Indonesia memang banyak yang menjual sate kelinci, tapi yang membedakan selain rasa adalah tempat dimana kamu menyantapnya. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar adalah tempat yang terbaik untuk menikmati sate kelinci ini karena dinginnya udara di lereng Gunung Lawu.

Sate kelinci di Tawangmangu disajikan dengan saus kacang yang dicampur kecap bersama dengan irisan bawang dan cabe rawit,mmm nikmat. Sebagai pelengkap dan biar tambah kenyang, makan dengab lontong yang di potong- potong, jangan lupa minum nya jahe hangat biar badan tetap fit.

sate kelinci tawangmangu

 

#5. Sate Sapi Mie Ongklok Wonosobo wajib kamu nikmati selepas melihat keindahan Dieng

Sate sapi ini sebenarnya hanya pelengkap dari Mie Ongklok. Walaupun hanya pelengkap tapi rasa sate ini sangat nikmat dan memiliki rasa yang khas. Bahkan keduanya tidak dapat dipisahkan, ibarat sayur tanpa garam rasa nys akan hambar, mie ongklok tanpa sate sapi rasanya ada yang hilang.

Sate sapi Wonosobo ini berbumbu manis kecap dengan saus bumbu kacang berasa merica, kencur dan rempah lainnya. Tempat Mie Ongklok dan sate sapi yang terkenal dan enak bisa kamu temui di jalan Pasukan Ronggolawe no.14

sate sapi wonosobo

 

#6. Sate Bebek Tambak Banyumas yang selalu bikin rindu para perantau

Di Tambak Banyumas ada satu sate yang khas dan cukup terkenal yaitu, Sate bebek. Puluhan penjual sate bebek dengan mudah nya kamu temui sepanjang jalan, sambil mengipas-ngipas sate. Aroma dari asap yang dikeluarkan membuat perut nagih minta di isi.

Sate bebek Tambak terkenal akan daging bebeknya yang empuk dengan rasa manis gurih nya bercampur rempah, kunyit dan jahe. Bebek hanya di pilih yang masih berusia muda kemudian direbus dengan bumbu bumbu rahasia selama 3 jam, supaya bebek empuk saat di bakar nanti.

Sate ini enak di santap dengan bumbu kacang nya yang manis dan gurih. Ada juga pilihan bumbu kecap yang dicampur dengan irisan cabe rawit yang pedas. Warung sate bebek yang terkenal adalah warung Pak Encus.

sate bebek tambak banyumas

 

#7. Sate Buntel Solo makanan favorit Jokowi

Makanan khas Jawa Tengah ini merupakan salah satu makanan favorit nya Pak Jokowi, Presiden RI. Sate Buntel khas kota Solo ini kaya akan kandungan kolesterol nya, nah loh!. Sate ini terbuat dari daging kambing yang di potong kecil-kecil lalu dibungkus pakai lemak kambing yang menutupi seluruh bagian sate nya.

Sate buntel yang sudah dibungkus lemak kambing dilumuri kecap manis lalu di bakar. Ukuran sate buntel berbeda loh dengan sate pada umum nya, ukurannya lebih besar, jadi walau kamu hanya makan 2 tusuk saja, kenyangnya sudah terasa.

Walaupun sate buntel kaya akan kandungan kolesterol nya, tapi banyak kok orang tua disana yang makan, masa sobat yang masih muda kalah sama orang tua. Sebagai referensi warung sate buntel yang enak dan terkenal di Solo kamu coba datangi Warung Sate Hj. Bejo di daerah Lojiwetan dan Warung Sate Tambak Segaran yang berlokasi di jalan Sutan Syahrir. Mumpung masih muda dan belum banyak pantangan, sobat harus coba sate khas kota Solo ini.

sate buntel solo

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge