Tokoh Wayang Golek Nusantara yang Paling Terkenal

Wayang golek merupakan sebuah seni pertunjukan wayang yang ketika itu mulai popular di daerah Jawa Barat. Tokoh wayang dalam pertunjukan ini terbuat dari boneka kayu, yang dikenal dengan wayang golek papak (cepak) dan wayang golek purwa. Semua tokoh wayang golek Nusantara dalam satu cerita dimainkan oleh seorang dalang sebagai pemimpin pertunjukan. Ia juga sekaligus mengisi suara tokoh wayangnya dan menyanyikan lagunya.

Dalam pertunjukannya, wayang golek menceritakan beragam epik terkenal dalam budaya Jawa, seperti cerita Ramayana dan Mahabarata. Cerita tersebut disampaikan dalam bahasa Sunda, dan diiringi dengan gamelan salendro khas Jawa Barat. Selain itu, sejak era tahun 1920-an, wayang golek juga diiringi oleh sinden yang menyanyikan lagunya. Nah, berikut ini ada beberapa tokoh wayang golek Nusantara yang paling terkenal.

  1. Gatot Kaca
    Tokoh ini terkenal sebagai sosok yang sangat sakti mandraguna. Bahkan, sampai disebut dengan julukan “ototnya otot kawat, tulangnya dari baja, dan dagingnya berisi besi”. Dengan banyak ilmu yang dimilikinya, seperti ilmu Brajamusti, aji pamungkas Krincing Wesi, hingga Bajingiring dan Garuda Ngapak, Gatot Kaca pun diangkat sebagai panglima perang Negara Pringgadani. Berkat semua kemampuan dan kekuatannya itu, Gatot Kaca menjadi terkenal.
  2. Hanoman
    Sosok yang satu ini juga terkenal memiliki banyak kekuatan. Salah satunya, aji Bayu Bajra. Dengan hanya satu pukulan, tapi berkekuatan tenaga ratusan kali, Hanoman mampu mengangkat gunung untuk menjepit tubuh lawannya. Selain itu, masih banyak lagi ilmu yang dimiliki tokoh berbentuk kera berbulu putih yang merupakan putra dari Batara Guru dan Dewi Anjani Anoman ini. Seperti, ilmu Pancasona, Pancanaka, Bayu Rota, dan Sirna Bobot.
  3. Arjuna
    Putra Pandu yang ketiga dari Dewi Kunti ini memiliki paras yang tampan sehingga banyak disukai wanita. Meski begitu, Arjuna juga tidak kalah kuat dibanding dua tokoh sebelumnya. Murid Resi Drona dari Kerajaan Astina ini memiliki banyak senjata pusaka, seperti keris Pancaroba dan Ali-Ali Ampal, serta busur panah Pasopati. Dengan senjatanya Arjuna yang dikenal juga sebagai Panengah Pandawa ini menjadi tokoh yang sangat disegani.
  4. Semar
    Jika tiga tokoh wayang golek Nusantara sebelumnya dikenal sebagai sosok yang sakti dan memiliki banyak kekuatan, maka tokoh Semar lebih dikenal sebagai sosok yang biasa-biasa saja, tapi memiliki kebijaksanaan yang sangat luar biasa. Jelmaan dari Dewa Batara Ismaya yang bernama lengkap Semar Badranaya ini juga berhati bersih, seputih wajahnya. Hal lain yang juga membuat Semar jadi lebih mudah dikenal, karena bentuknya tubuh yang unik.
  5. Cepot
    Tokoh ini merupakan anak pertama dari pasangan Semar dan Sutiragen. Adiknya bernama Dewala dan Gareng. Berbeda dengan ayahnya yang bijaksana, Cepot malah memiliki watak yang humoris dan suka membanyol. Meski begitu, melalui humor-humor yang dilontarkannya, tetap terlihat jelas kalau sosok yang satu ini juga memiliki hati yang baik dan pintar. Bahkan, Cepot juga tidak takut untuk membanyol di depan raja atau dewa sekalipun.

Belakangan, tokoh yang bernama asli Sastrajingga ini semakin terkenal, sejak dimainkan oleh seorang dalang bernama Asep Sunandar Sunarya dalam pagelaran wayang golek yang beberapa kali mengisi acara di stasiun televisi swasta. Tokoh Cepot sangat dinanti-nanti para penggemar, karena kekocakannya yang bisa membuat semua penonton tertawa terbahak-bahak. Namun, petuah dan kritik tetap tidak terlupakan dalam setiap humornya.

Sebenarnya, masih ada beberapa tokoh wayang golek lainnya yang juga cukup terkenal di dunia kesenian Tanah Air. Misalnya, ada pula tokoh Nakula dan Sadewa, merupakan kembar putra keempat dan kelima dari Pandu. Kedua sosok ini merupakan adik dari Arjuna, dan juga hidup di Kerajaan Amarta, dalam cerita wayang golek Arjuna. Selain itu, masih banyak lagi tokoh-tokoh yang dimainkan dalam pertunjukan wayang golek, terutama sebagai pendukung.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge