Tanaman Stepanot dan Resep Herbal Mengatasi Batuk dan Radang Tenggorokan

tanaman stepanot atasi batuk radang

Tanaman stepanot jingga memiliki nama latin : Pyrostegia venusta, dari famili Bignoniaceae. Nama asingnya adalah orange stephanot, fire cracker vine (Inggris), pao zhang hua (China).

Tanaman merambat ini sering digunakan sebagai pagar atau penghias pergola. Batangnya berkayu sepanjang 2-8 m. Daunnya majemuk, berbentuk lonjong, kaku dan bertangkai. Sulur yang digunakan untuk merambat keluar dari pertemuan tangkai anak daun. Bunganya majemuk mirip tabung atau terompet, warnanya oranye. Tumbuhan asal Brazilia ini tumbuh baik dibawah sinar matahari dan berbunga paling banyak jika tumbuh di lahan 400 m diatas permukaan laut. Pembiakannya dengan setek atau cangkok batang.

Tanaman stepanot tersedia di penjual tanaman hias. Adapun bagian yang digunakan untuk obat adalah daun dan bunga (segar ataupun kering).

Khasiat tanaman stepanot : Bersifat mendinginkan, antiradang, menguatkan paru-paru. Sering digunakan sebagai obat batuk, radang tenggorokan, radang saluran pernapasan.

Resep herbal sederhana : Batuk, radang tenggorokan : 15-30 g bunga dan daun, setelah dicuci, dijemur sampai kering, lalu digiling halus menjadi bubuk. Ambil 3 g bubuk, seduh dengan 1 cangkir air panas, minum selagi hangat.

Add a Comment

Your email address will not be published.