Berbagai Warna di Desa Sawarna, Banten

Kawasan Banten memang terkenal dengan kawasan yang kaya akan pantai. Letak geografisnya yang seisi kota menjorok ke perairan, membuat kawasan Banten menjadi kawasan yang dikeliling pantai. Saat anda berkunjung ke Banten, tentunya anda sudah tau kemana akan berwisata, yaitu ke Pantai. Tapi ternyata ada surga lain di Banten yang tidak hanya berisi pantai, anda akan menemuinya di Desa Sawarna.

pantai sawarna banten

Desa ini baru saja naik daun dan mulai dilirik sebagai salah satu tujuan wisata di Banten. Selain merupakan tempat yang cocok untuk menikmati waktu bersantai di pinggir pantai dan menikmati udara tropis, Pantai Sawarna juga telah dipilih banyak surfer karena ombaknya yang menantang dan memanjakan para pecinta surfing.

Selain karena keindahan alamnya, anda juga akan betah berlama-lama di Desa ini karena keramahan penduduknya yang dengan tangan terbuka menyambut wisatawan yang mulai berdatangan ke desa mereka. Anda juga bisa dengan mudah menemukan homestay jika ingin menginap disini, kebijakan pemerintah memutuskan tidak diperbolehkannya pembangunan hotel dan hanya membolehkan warga untuk mendirikan homestay yang layak untuk wisatawan.

Ada satu hal yang menjadi ciri khas Desa Sawarna selain keindahan pantai dan ombaknya yang menantang, yaitu aliran sungai Sawarna yang membelah desa Sawarna. Banyak jembatan gantung melintasi sungai-sungai sebagai penghubung antara satu desa dan desa lainnya. Jembatan gantung ini melintasi sungai Sawarna yang memiliki lebar 20 meter sementara lebar jembatan gantungnya sendiri adala kuran lbih 1,5 meter. Melintasi jembatan gantung sepanjang 20 meter ini bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, walaupun begitu, ada juga masyarakat lokal yang melintasi jembatan ini dengan kendaraan bermotor roda dua.

Objek wisata lainnya selain pantai di Desa Sawarna adalah Bukit Ciantir atau yang disebut masyarakat setempat dengan nama Tanjakan Ciantir. Tanjakan ini dilalui jalan utama menuju Pantai Ciantir dan dari bukit ini anda bisa melihat pemandangan Pantai Ciantir sekaligus dengan Tanjung Layar dari kejauhan. Apaalgi saat hari cerah, anda bisa menikmati pemandangan birunya laut dan pasir putih dengan pencahayaan yang sangat cerah dan cocok dijadikan latar belakang untuk foto anda.

Desa Sawarna juga memiliki objek wisata berupa sebuah goa yang unik yaitu Goa Lalay. Goa ini unik karena memiliki panjang ratusan meter dengan ratusan Stalagtit didalamnya. Dibawah goa ini mengalir sungai kecil dengan kedalaman antara selutut sampai pinggang yang harus anda lewati untuk bisa menyusuri goa ini. Keadaan didalam goa sangat gelap, tapi jangan khawatir karena penduduk setempat menyediakan jasa pemandu yang akan menemani anda menyusuri goa dengan membawa penerangan berupa lampu petromak.

Objek wisata yang paling banyak bisa anda temui di Desa Sawarna tentunya adalah pantai. Ada beberapa pantai yang bisa anda pilih saat berkunjung ke Desa Sawarna. Diantaranya adalah Pantai Legon Pari, Tanjung Layar, Pantai Ciantir, Pantai Pulo Manuk, Cipamandangan dan Pantai Karang Taraje. Dari nama-namanya, bisa ditebak bahwa di Pantai Pulo Manuk ada berbagai jenis burung yang bisa kita temui, di pantai Cipamandangan ada pemandangan elok yang menanti dan di Pantai Karang Taraje ada sebuah batu karang yang bentuknya menyerupai tangga atau dalam bahasa setempat disebut taraje. Karena objek wisata pantainya yang berjejer ini, anda juga bisa menikmati pemandangan pantai yang tidak ada putuss-putusnya di sepanjang jalan dari Bayah ke Malingping.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge