Tempat Wisata di Wonogiri Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Home » Pusaka Wisata » Tempat Wisata di Wonogiri Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat Wisata di Wonogiri Yang Menarik Untuk Dikunjungi – Kabupaten Wonogiri memang sedikit kurang terkenal akan segi pariwisatanya. Meskipun demikian, potensi Wonogiri sebagai destinasi wisata cukup gemilang. Pasalnya jika dilihat dari segi geografis, kawasan Wonogiri mencakup daratan tinggi hingga dataran rendah. Sementara batas wilayahnya cukup mengagumkan karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Oleh karena itu, jangan heran bila nantinya Kabupaten Wonogiri menawarkan pesona dan destinasi wisata menarik. Apalagi daerahnya terbilang sangat strategis karena bersebelahan dengan beberapa Kabupaten Karanganyar, Ponorogo, Pacitan, Magetan, Sukoharjo, hingga Gunung Kidul. Nah, inilah tempat wisata di Wonogiri yang menarik untuk disambangi.

Kunjungi Tempat Wisata di Wonogiri Yang Menarik

1.Pantai Banyutowo

Pantai Banyutuwo berada di Kecamatan Paranggupito, tepatnya di Gudangharjo. Keunikan dari pantai tersebut adalah adanya air tawar yang bersumber dari sungao-sungai yang terdapat di sekitarnya. Bukan hanya pesona air tawar dan air lautnya yang menawan, di kawasan Pantai Banyutuwo mempunyai pemandangan alam yang indah. Pasalnya di sekeliling pantai dijumpai banyak bebatuan karang yang sangat mempesona keindahannya.

pantai banyutowo

2. Pantai Nampu

Pantai Nampu memiliki karakteristik dengan hamparan pasir putih dan bebatuan karang yang indah. Pemandangan alam di sekitar pantai juga tidak kalah menawannya. Angin khas pantai yang menjadi unggulan tersendiri, karena lokasinya di Kecamatan Paranggupito. Keberadaan pantai ini juga terbilang asri lantaran masih belum banyak tersentuh oleh wisatawan. Adapun akses menuju Pantai Nampu cukup mudah dengan kendaraan pribadi.

pantai nampu

3. Air Terjun Setren Girimanik

Air Terjun Setren Girimanik menawarkan pemandangan yang cukup indah, sehingga tak jarang wisatawan yang berkunjung. Keberadaan air terjun ini di Desa Setren, Kecamatan Slogohimo dan bisa diakses dengan jarak sekitar 30 km dari Kota Wonogiri. Guyuran air terjun setren seakan-akan mampu menghipnotis para pengunjung untuk datang kembali ke tempat wisata ini.

See also  Wisata Kuliner di Sari Ater: Merasakan Kelezatan Makanan Tradisional Sunda di Bandung Barat

air terjun girimanik

4. Goa Putri Kencono

Goa Putri Kencono yang memiliki panorama alam begitu memukau. Adapun karakter utama dari goa yang satu ini menawarkan banyak stalagmid dan stalagtid yang terdapat di sepanjang goa dengan luas sekitar 1000 m2. Wisatawan bisa menikmati keunikan goa dengan ciri khas batu-batu menggantung. Lokasi Goa Putri Kencono di Kecamatan Pracomantoro yang hanya berjarak sekitar 40 km, jika dilalui dari kota Wonogiri.

goa putri kencono

5. Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur memang sangat terkenal di Kota Wonogori karena telah lama dibangun pada tahun 1970. Adapun luas wilayah dari waduk ini berkisar 8.800 hektar. Selain digunakan sebagai tempat wisata, waduk ini dimanfaatkan untuk kebutuhan pertanian. Untuk akses menuju Waduk Gajah Mungkur, anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 3 km ke tempat wisata. Jika sudah sampai, pastikan akan melihat pemandangan alam yang begitu memukau. Bahkan para wisatawan dapat menikmati hasil tangkapan ikan segar.

waduk gajah mungkur

Bagaimana, anda tertarik berwisata ke Wonogiri? Semoga apa yang telah disampaikan di atas bisa menginspirasi anda untuk menjelajah Kabupaten Wonogiri, terutama alam pantai. Jangan lupa mampir untuk mencicipi ragam kuliner khas Wonogiri yang dirasa enak.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments