Mengobati Sakit Kepala dan Diare dengan Bayam Ungu

Tanaman ini memiliki nama lokal : bayam ungu (Jawa). Nama latin : Altehrnantehra Braziliana, dari famili Amaranthaceae. Tanaman ini berdiri tegak atau setengah merayap dengan tinggi sampai 1 m. memiliki akar serabut berwarna putih kehitaman. Batangnya bercabang banyak, beruas-ruas, warna ungu kemerahan. Daunnya tunggal, berbentuk lonjong meruncing, berwarna ungu. Bunga majemuk berbulir, muncul diketiak daun, warna ungu berhiaskan warna gading. Bijinya lanset kecil warna cokelat. Tanaman hias ini bisa tumbuh liar di hutan-hutan atau ladang, baik di daerah pantai maupun pegunungan.

khasiat-bayam-ungu

Tanaman bayam ungu tersedia di penjual tanaman hias. Bagian yang digunakan untuk obat :Daun dan seluruh tanaman (segar ataupun kering). Khasiat bayam ungu :Mengandung tannin, saponin, dan flavanoid, tanaman ini bersifat antidiare, antinyeri, dan peluruh seni. Bisa digunakan untuk obat sakit kepala dan diare.

Resep herbal sederhana :

  1. Sakit kepala : 60 g tanaman segar dicuci, lalu direbus dengan 200 ml air selama 15 menit, saring, airnya diminum sekaligus.
  2. Diare : 50 g tanaman segar, dicuci lalu direbus dengan 200 ml air selama 15 menit, saring, airnya diminum sekaligus, setelah buang air besar.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge