Mengenal Batu Topaz

batu topazSalah satu budaya di indonesia adalah mengkoleksi batu mulia atau batu akik. Kali ini kita akan membahas batu Topaz atau batu yang memiliki nama lain seperti Batu Ratna Cempaka, Mirah Cempaka, Daud, dan Batu Selong.

1.    Asal

Topaz adalah batu mulia yang terbentuk dari silikat mineral alumunium dan fluorine. Topaz alami sebenarnya tidak berwarna dan jernih, namun umumnya selalu ternoda oleh beragam zat saat pembentukannya. Sehingga di alam ditemukan Topaz dalam warna yang beragam. Topaz termasuk dalam batuan pegmatit, yang juga memproduksi Chrysoberil. Batu mulia ini ditemukan pertama kali di Portugis tahun 1768, yang ditemukan adalah jenis Imperial Topaz.

2.    Ciri-ciri

a.    Bentuk : Kristal, tergantung pemolesan.

b.    Warna : Kuning, oranye, cokelat, merah muda sampai merah sampai ungu merah, biru, hijau muda, dan tidak berwarna.

c.    Kandungan : Topaz dengan komposisi kimia Al2(F,OH)2SiO4.

d.    Indeks Bias : 1,619 – 1,627.

e.    Pembiasan Ganda : 0,008 – 0,010.

f.    Berat Jenis : 3,53.

g.    Skala Kekerasan (Mohs) : 8.

3.    Penilaian Topaz

a.    Color (Warna) : Topaz paling berharga adalah yang berwarna oranye merah sampai merah. Topaz berwarna biru banyak tersedia di pasaran batu mulia.

b.    Clarity (Kejelasan) : Topaz dipergunakan dalam keadaan bersih tanpa adanya inklusi.

c.    Cut (Pemotongan) : Umumnya Kristal Topaz kolumnar, sehingga pemotongan dengan bentuk oval atau pir dapat meningkatkan nilainya.

d.    Carat Weight (Karat) : Topaz biasanya berupa kristal besar, maka dapat membentuk permata yang berkarat tinggi pula.

4.    Jenis-jenis Topaz

a.    Topaz Oranye : Topaz ini dikenal sangat berharga sebab kelangkaannya.

b.    Topaz Imperial : Berwarna kuning, merah muda (jarang ada yang alami), atau merah muda-oranye. Topaz Brazil umumnya berwarna kuning cerah sampai cokelat keemasan kuat, bahkan terkadang violet. Untuk mengubah warna Topaz cokelat, maka dilakukan treatment lanjutan agar menjadi batu Topaz lebih terang. Dalam jangka waktu lama, Topaz Imperial yang terpapar sinar matahari akan memudar warnanya.

c.    Topaz Biru : Merupakan batu permata negara bagian Texas Amerika Serikat, namun dihasilkan pula di Negara lain seperti Sri Lanka. Batu ini sangat jarang terjadi secara alami. Banyaknya Topaz biru, sebab Topaz berwarna terang dilakukan treatment dengan penyinaran dan iradiasi untuk menghasilkan warna biru gelap.

d.    Topaz Mistik : Topaz tanpa warna yang kemudian dilapisi secara buatan untuk memberikan efek pelangi sesuai keinginan.

e.    Topaz Sintetis : Topaz sintetis telah dibuat sejak tahun 1976 dengan proses iradiasi. Topaz yang ditirukan umumnya Topaz biru. Tidak hanya menghasilkan Topaz baru, namun juga melakukan treatment atas Topaz alami kualitas rendah.

f.    Topaz Terkenal
–    American Golden : Merupakan batu permata faset terbesar dengan berat 22.982 karat. Merupakan koleksi Smithsonian Institution.
–    Blaze Imperial Topaz : Memiliki berat 97,45 karat, adalah koleksi Museum of Natural History, Washington DC.
–    Topaz Adiel : Pemotongan Topaz 20.769 karat ini membutuhkan waktu satu tahun, dikerjakan oleh Richard Homer. Topaz ini juga merupakan koleksi Museum of Natural History.
–    12.555 karat Sphere : Topaz berbentuk faset, yang merupakan koleksi Smithsonian Institution.
–    Topaz Chalmers : Topaz ini beratnya 5.899,50 karat, yang ada di Museum of Natural History.

5.    Daerah Penghasil Topaz Di Indonesia

Indonesia tidak menghasilkan batu mulia jenis ini, namun mengimpor batu mulia tersebut dari luar negeri.

6.    Cara Memperoleh

a.    Penambangan adalah cara terbaik untuk memperoleh Topaz alami.

b.    Industri mengembangkan pembuatan Topaz secara sintetis. Topaz sintetis tidak hanya menghasilkan barang baru, namun juga memperbaiki batu alami yang kualitasnya kurang baik.

7.    Khasiat Batu Topaz

a.    Meningkatkan energi positif dalam tubuh, seperti ketajaman berpikir. Menolak bahaya dan memberikan kebahagiaan.

b.    Melindungi pemakainya dari penyakit-penyakit tertentu seperti penyakit gila atau gangguan jiwa.

c.    Topaz oranye untuk batu lahir bulan November dan Topaz biru untuk batu lahir bulan Desember.

8.    Harga

a.    Harga Emperan
Harga batu Topaz dengan kualitas dan karat rendah yang banyak dijual di kios atau emperan umumnya dihargai diatas Rp 50.000 sampai ratusan ribu rupiah.

b.    Harga Toko
Batu Topaz kualitas bagus dibanderol diatas Rp 1.000.000 sampai harga tidak terbatas, tergantung peminat dan kelangkaannya. Topaz mahal umumnya dijual di lelang permata.

9.    Cara Mengenali Topaz Asli

a.    Kenali batu Topaz asli dengan cairan bromoform yang dapat dibeli di apotek. Masukkan batu ke dalam cairan tersebut, selanjutnya jika Topaz asli akan tenggelam sedangkan yang palsu tetap mengambang.

b.    Batu Topaz asli memiliki kilau yang sangat tinggi, terang dan warnanya bening. Selain itu jika disentuhkan ke permukaan kulit akan terasa dingin dan licin. Batu Topaz palsu tidak akan memiliki ke semua ciri tersebut.

c.    Pengalaman adalah hal terpenting dalam perburuan batu mulia, maka ajaklah orang yang berpengalaman jika ingin melakukan transaksi batu mulia.

d.    Batu Topaz asli jika digosokkan akan menghasilkan percikan api dan menimbulkan listrik statis.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge