Liburan Seru Ke Gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat

Liburan Seru Ke Gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat

Mungkin anda berencana berlibur ke Gunung Tangkuban Perahu Iawa Barat? Pastikan anda membawa berbagai perlengkapan seperti pakaian hangat karena kondisi cukup dingin atau masker untuk melindungi diri dari kepulan asap belerang. Tentu saja pemandangan alam, iklim udara yang sejuk serta deretan kawah membentang luas, sehingga kawasan Tangkuban Perahu menjadi tujuan destinasi wisata.

Keberadaan objek wisata yang satu ini di utara Kota Bandung, tepatnya di ketinggian 2.048 mdpl. Karena itulah, sebelum mencapai lokasi tersebut anda harus mendaki yang membutuhkan fisik kuat. Anda sebetulnya bisa mengajak anak-anak agar liburan semakin seru. Nah, inilah informasi selengkapnya tentang wisata alam Gunung Tangkuban Perahu.

Berlibur ke Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat

Rute Perjalanan Ke Objek Wisata

Mencapai lokasi wisata Gunung Tangkuban Perahu sangatlah mudah. Mungkin bagi anda yang berasal dari luar daerah, maka bisa transit terlebih dahulu ke Kota Bandung. Barulah setelah itu, anda melanjutkan perjalanan ke arah Subang atau arah utara dari Bandung. Adapun jarak tempuh menuju lokasi tersebut hanya sekitar 20 km saja. Sesampainya di sana, anda akan disambut dengan kawanan pohon pinus yang berdiri kokoh. Bahkan hamparan kebun teh hijau siap menemani perjalanan anda untuk sampai ke tempat wisata.

Pemandangan Indah Gunung Tangkuban Perahu

Berdasakan sejarah Gunung Tangkuban Perahu memang pernah meletus untuk beberapa kali. Fenomena alam itulah yang menimbulkan kawah-kawah yang lumayan banyak. Namun hanya 3 kawah yang paling terkenal, yakni kawah Upas, kawah Domas, dan kawah Ratu. Kepulan asap belerang dari kawah tersebut semakin cantik, bila dipadukan dengan warna bebatuan kuning yang menghiasi area sekitar kawah.

Kegiatan Menarik di Gunung Tangkuban Perahu

Pesona Gunung Tangkuban Perahu terlihat tidak ada habisnya, karena selalu menyuguhkan panorama alam yang cantik. Maka jangan sampai melewatkan untuk mengabadikan moment foto selfie dengan background Gunung Tangkuban Perahu. Selain menikmati pemandangan indah, kawah yang berada disini cukup mudah untuk dilewati. Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau sewaan untuk melakukan trekking. Namun anda juga dapat berkeliing dengan menunggangi kuda. Tetapi, anda harus tetap berhati-hati mengingat kedalaman kawah sangat ekstrim sehingga dipagari dengan kayu.

Mitos dari Pohon Manarasa

Di kawasan Gunung Tangkuban Perahu, anda akan menjumpai pohon Manarasa. Dimana pohon tersebut berwarna merah dan daunnya berkhasiat untuk mengobati diare akut. Akan tetapi, keunikan dari daun Manarasa dipercaya mampu membuat seseorang terlihat lebih awet muda. Konon cerita legenda Dayang Sumbi yang selalu mengonsumsi daun tersebut, sehingga ia tetap tampak cantik dan awet muda.

Pusat Oleh-oleh dan Kuliner

Mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu, memungkinkan anda akan menemukan jajaran kios yang menjual aneka souvenir ala pegunungan. Beberapa di antaranya adalah topi, masker, sarung tangan, syal, dan kerajinan tangan yang terbuat dari kayu. Selain itu, terdapat pula wisata kuliner di warung yang menyediakan makanan & minuman.

Demikian liburan yang seru ke Gunung Tangkupan Perahu. Sebaiknya sewa pemandu, untuk memudahkan perjalanan wisata anda menyusuri kawasan wisata.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *