Makam Bersejarah Di Cirebon

Banyak tokoh sejarah di Cirebon menjadi tokoh penyebar agama islam hingga tokoh penting yang ikut mendirikan daerah Cirebon. tokoh – tokoh bersejarah dimakamkan di Cirebon dan saat ini makam – makamnya banyak diziarahi penduduk Cirebon hingga wisatawan dari luar Cirebon. makam bersejarah yang banyak terdapat di Cirebon ini memiliki banyak jenisnya, serta menjadi tempat wisata religi yang bisa anda kunjungi ketika di Cirebon.

Seringkali di makam bersejarah ini juga dilakukan beberapa upacara adat hingga pencucian benda pusaka yang dilakukan disekitar makam. Misalnya saja Makam Sunan Gunung Jati yang menjadi makam paling ramai peziarah, khususnya menjelang Ramadhan dan Idhul Fitri. Selain makam Sunan Gunung Jati, terdapat pula beberapa makam bersejarah lain di Cirebon yang bisa anda kunjungi dan akan diulas lebih lengkap lagi dibawah ini.

Beberapa Makam Bersejarah Di Cirebon

1. Makam Keramat Megu
Makam bersejarah ini, merupakan makam yang berada di Desa Megu Cirebon dimana jika dijangkau dari kota Cirebon anda hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit saja. makam yang dikelilingi cat berwarna merah bata ini merupakan Makam Ki Buyut Megu yang merupakan salah satu tokoh penyebaran agama islam di Cirebon. makam ini memiliki bentuk unik yang bukan berupa gundukan tanah dan tidak memiliki nisan yang hanya berupa petilasan saja.

makam-keremat-megu-cirebon

2. Situs Pesanggrahan Balong Biru
Situs Pesanggrahan ini merupakan petilasan Mbah Kuwu Cirebon, Pangeran Cakrabuana serta Nyai Endang Geulis yang lokasinya tidak jauh dari Makam Talun. Di makam bersejarah ini, anda bisa mendapati berbagai benda yang dikeramatkan warga sekitar. Salah satunya adalah balong yang berarti sebuah kolam dengan air yang cukup banyak. Petilasan yang berada di Cirebon Girang, Talun ini sudah ada sejak abad 15 Masehi yang bisa anda temui dengan perjalanan 15 menit dari Cirebon.

pesanggrahan-balong-biru

3. Makam Sunan Gunung Jati
Sunan Gunung Jati menjadi tokoh penting penyebaran agama islam di tanah Cirebon, sehingga makamnya selalu ramai dikunjungi para peziarah bahkan dari luar Cirebon. bangunan makam ini memiliki arsitektur unik dengan kombinasi gaya Jawa, Arab hingga Tiongkok pada bagian atap, dan limasannya. Makam yang berada di Jalan Raya Gunung Jati, Astana Cirebon ini, merupakan bangunan susun dengan interior dindingnya yang penuh dengan hiasan keramik khas Tiongkok.

makam-sunan-gunung-jati

4. Makam Syekh Datuk Kahfi
Lokasi Makam bersejarah ini di Pasambangan, Kompleks Makam Gunung Sembung yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Cirebon. seperti Sunan Gunung Jati, Syekh Datuk Kahfi merupakan tokoh penyebaran agama islam di tanah Cirebon. Makam Syekh Datuk Kahfi dan Sunan Gunung Jati saling berseberangan sehingga cocok sebagai pilihan wisata religi anda dan keluarga yang lokasinya tidak jauh dari Makam Sunan Gunung Jati.

makam-datuk-kahfi
Demikian beberapa destinasi religi berupa makam bersejarah di Cirebon yang bisa anda kunjungi. Jadi anda bisa mencoba berziarah ke makam tersebut untuk mendoakan dan menghormati tokoh bersejarah dari Cirebon.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge