Inilah Khasiat Tanaman Kasingat Sebagai Obat Alternatif

Tanaman kasingat memiliki nama lokal : menting, senting (Jawa), kasingat, cinyingsat (Sunda), kopi andelan (Sumetera). Nama latinnya : Cassia occidentalis dari famili Caesalpiniceae. Nama asingnya wang jiang nan (Cina).

tanaman-kasingat

Perdu berbatang kayu ini asal Amerika kawasan tropis, tumbuh liar didataran rendah maupun tinggi (sampai 1.200 m diatas permukaan laut). Mudah tumbuh ditanah lembab dan mendapat cukup sinar matahari. Tinggi pohon 1-2 m dengan banyak cabang dan berbulu. Daunnya majemuk, berbentuk bulat telur. Bunganya majemuk warna kuning dan buah polong.

Daun dan buah yang masih muda biasa dimasak sebagai sayuran. Bijinya lonjong, bila sudah tua bisa dimanfaatkan sebagai pengganti kopi (disangrai lebih dulu lalu digiling dan diseduh dengan air panas), dikenal dengan Nama kopi sena. Pembiakan tanaman dengan biji.

Tanaman kasingat tersedia di balai pembibitan tanaman herbal/obat. Bagian yang digunakan untuk obat : Batang, biji, akar (segar ataupun kering).

Khasiat tanaman kasingsat : Memiliki efek antara lain merangsang nafsu makan, antiradang dan pencahar. Bisa digunakan sebagai obat sakit kepala, batuk, asma, radang paru-paru, radang mata, sulit buang air besar, diare, disentri, nyeri dada, hepatitis dan luka.

Resep herbal sederhana :

  1. Sakit kepala : 30 g daun direbus dengan 2 gelas air, saring, minum airnya.
  2. Sulit buang air besar : 10-15 g tanaman kering direbus dengan 1 gelas air, saring, minum airnya.
  3. Luka : 1 cangkir daun segar digiling halus, tambahkan sedikit air lalu diperas. Airnya diminum dan ampasnya dibubuhkan pada luka.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge