Tanaman Kol Banda Memiliki Efek Anti Radang dan Anti Kuman

Tanaman kol banda memiliki nama lokal : kol bandang (Jawa), kayu wulan, kayu bulan, kayu kulo, buring (Sulawesi), sayor bulan (Timor), hate bulan (Maluku), hale (Flores). Nama latin : Pisonia Alba, dari famili Nyctaginaceae.

tanaman-kol-banda

Tanaman ini asli Indonesia, banyak tumbuh terutama di Jawa dan Indonesia bagian timur. Pada dasarnya merupakan tanaman liar yang bisa tumbuh di dataran rendah maupun tinggi, namun sering juga ditanam sebagai tanaman hias. Berupa perdu dengan batang sampai setinggi 13 m, memiliki daun tunggal bertangkai, warnanya hijau kekuningan. Daun yang muda sering dimakan sebagai lalap. Bunganya majemuk kecil-kecil seperti tabung, tapi jarang kelihatan. Pembiakannya dengan cangkok atau setek batang/ ranting.

Tanaman ini tersedia di penjual tanaman hias. Bagian yang digunakan untuk obat adalah daun.

Khasiat kol banda bagi kesehatan sangat baik karena memiliki efek antiradang dan antikuman. Tanaman ini biasa digunakan sebagai obat asma, kaki bengkak, bisul, mata ikan, dan sering berkemih.

Resep herbal sederhana :

  1. Kaki bengkak : Daun dicuci bersih, lalu dipanaskan agar layu, dan ditempelkan pada kaki yang bengkak.
  2. Mata ikan : Daun dicuci bersih, lalu direbus dengan santan atau susu, kemudian ditempelkan pada kulit yang bermata ikan.
  3. Asma : Daun secukupnya direbus sebentar lalu dimakan sebagai lalapan.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge