Tips Alami Mengatasi Tidur Mendengkur (Ngorok)

ngorok mendengkurTidur mendengkur atau ngorok atau dalam ilmu medis disebut sebagai apnea. Bagi penderitanya mungkin tidak akan sadar, karena bagaimana mungkin ia bisa mendengar secara langsung suara dengkurannya sendiri. Mendengkur kerap membuat orang di sebelahnya merasa terganggu, karena akan sulit untuk memejamkan mata akibat suara keras dari dengkuran. Mendengkur atau mengorok merupakan kondisi dimana aliran udara melalui hidung serta mulut terhalang, karena terdapat penyempitan saluran udara. SSehingga menghasilkan suara yang keras dan bergetar. Tidur mendengkur bisa dialami siapa saja, hingga anak-anak juga bisa mengalaminya.

Penyebabnya tidur mendengkur bermacam-macam, yakni adanya gangguan pada hidung, sinus, kelebihan berat badan, radang amandel, posisi tidur dan faktor usia. Mendengkur memang tidak berbahaya, namun bisa berefek buruk bagi pasangan karena bisa menyebabkan insomnia. Berikut adalah beberapa cara mengatasi tidur mendengkur yang bisa anda lakukan :

1. Ubah posisi tidur
Perhatikan posisi tidurm karena posisi yang tidak tepat bisa menyebabkan tidur mendengkur. Sebaiknya hindari posisi tidur telentangm karena biasanya bisa menimbulkan suara dengkuran. Hal ini diakibatkan karena posisi lidah tertarik ke arah belakang, sehingga udara mengalami penyempitan. Jadi ubahlah posisi tidur dengan posisi menyamping.

2. Angkat posisi kepala anda saat tidur
Posisi kepala ketika anda tidur juga bisa berpengaruh pada mendengkur atau tidaknya seseorang. Dan yang banyak terjadi adalah ketika posisi kepala terletak jauh lebih ke belakang dari posisi bantal. Untuk itu, pergunakan bantal yang lebih tinggi dengan posisi kepala lebih tinggi 4 inchi dari posisi biasanya. Posisi tersebut dapat membantu untuk membersihkan penghalang saluran udara di bagian tenggorokan.

3. Bersihkan sinus
Cara mengatasi tidur mendengkur yang selanjutnya yaitu bersihkan bagian sinus pada hidung anda sebelum beranjak tidur. Hal ini untuk mencegah terjadinya gangguan aliran udara pada bagian sinus, agar tidak menimbulkan dengkuran. Sebaiknya dalam mengeluarkan kotoran pada hidung dengan cara mengeluarkan udara yang keras lewat hidung.

4. Senam tenggorokan
Senam tenggorokan dilakukan dengan cara membuka mulut lebar-lebar, kemudian regangkan rahang ke satu sisi, yaitu dengan memegang rahang tersebut dan tahan selama setengah menit. Ulangi cara tersebut pada rahang lain. Atau bisa juga dengan menjulurkan lidah hingga sejauh mungkin. Hal ini dilakukan guna menghilangkan dengkuran karena membantu otot tenggorokan menjadi longgar.

5. Perhatikan makanan yang dikonsumsi
Aturlah waktu makan anda dengan tepat dan hindari mengkonsumsi makanan berat. terlebih yang tinggi karbohidrat serta lemak beberapa jam sebelum anda tidur. Selain itu, sebaiknya tidak mengkonsumsi produk susu sebelum beranjak tidur, karena bisa menyebabkan produksi lendir di dalam mulut meningkat.

6. Turunkan berat badan
Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan faktor utama yang bisa mengakibatkan tidur mendengkur. Orang yang berbadan gemuk cenderung memiliki potensi lebih besar untuk mendengkur saat tidur daripada orang bertubuh kurus. Jadi usahakan untuk menurunkan berat badan lewat diet serta olahraga secara teratur.

Selamat mencoba cara mengatasi tidur mendengkur di atas.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge