Peninggalan Sejarah Berupa Masjid dan Benda Pusaka di Cirebon

Sebagai salah satu kota di Pulau Jawa yang merupakan pintu masuk bagi agama Islam, Kota Cirebon merupakan salah satu kota yang sangat penting di Pulau Jawa. Kota Cirebon sendiri merupakan kota yang banyak memiliki nilai historis karena di kota inilah para pedagang dari wilayah Timur Tengah memulai penyebaran agama Islam di Pulau Jawa sehingga tidaklah mengherankan jika di Kota Cirebon terdapat banyak peninggalan sejarah berupa masjid dan benda pusaka.

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan dengan wisata sejarah maka kota yang satu ini sangat cocok untuk Anda kunjungi sebab di Kota Cirebon Anda dapat menelusuri jejak peninggalan kejayaan Islam yang ada di kota ini, beberapa peninggalan sejarah yang masih ada hingga sekarang adalah berupa masjid dan berbagai benda pusaka yang mana kesemuanya masih dirawat dan dipelihara dengan baik secara turun temurun oleh masyarakat Cirebon, berikut akan kami ulas mengenai peninggalan sejarah tersebut di bawah ini.

Peninggalan Sejarah Berupa Masjid dan Benda Pusaka di Cirebon

1. Masjid Sang Cipta Rasa

Salah satu peninggalan bersejarah yang ada di Cirebon adalah sebuah masjid yang bernama Masjid Sang Cipta Rasa, masjid ini sendiri sudah berusia tua di mana pembangunan Masjid Sang Cipta Rasa ini dibangun padatahun 1498 dan berlokasi di kawasan Keraton Kasepuhan, menurut legenda yang beredar di masyarakat, Masjid Sang Cipta Rasa ini didirikan hanya dalam masa satu malam saja.

masjid sang cipta rasa

 

2. Masjid Jami Pekuncen

Peninggalan sejarah berupa masjid yang kedua di Cirebon adalah sebuah masjid yang bernama Masjid Jami Pekuncen yang mana masjid ini merupakan salah satu titik dakwah yang penting di Kota Cirebon, masjid ini dibangun oleh Sunan Amangkurat dan digunakan sebagai tempat ibadah dan pusat pendidikan Islam, hingga saat ini Masjid Jami Pekuncen masih berdiri dengan kokoh dan banyak dikunjungi oleh masyarakat.

masjid-jami-pekuncen

 

3. Kereta Singo Barong

Peninggalan bersejarah ketiga yang ada di Cirebon adalah benda pusaka yang berupa kereta kuda dengan nama Singo Barong, kereta kuda ini hingga kini masih dijaga dan dirawat di Keraton Kasepuhan Cirebon, Kereta Singo Barong ini pada jaman dahulu digunakan oleh Sunan Gunung Jati yang pada saat itu memimpin Kesultanan Cirebon, Anda juga bisa melihat kereta ini bagi Anda yang tertarik ingin mengetahuinya.

singo-barong

 

4. Kereta Paksi Naga Liman

Peninggalan sejarah berikutnya yang ada di Cirebon adalah masih berupa kereta kuda yang kali ini bernama Kereta Paksi Naga Liman, kereta kuda ini memiliki bentuk yang khas yakni memiliki ukiran yang berbentuk seperti belalai gajah karena kereta ini merupakan lambang persahabatan dengan India, selain itu juga terdapat ukiran berupa naga dan buraq yang merupakan simbol persahabatan China dan Mesir.

kereta-paksi-liman

 

5. Patung Macan Prabu Siliwangi

Peninggalan sejarah kelima sekaligus terakhir yang kami bahas ini adalah sebuah benda pusaka yakni patung macan Prabu Siliwangi yang merupakan ciri khas dari keraton yang ada di Cirebon, jika Anda memperhatikan maka hampir di setiap keraton yang ada di Cirebon di antaranya adalah Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan memiliki patung macan Prabu Siliwangi.

macan-prabu-siliwangi

 

Cirebon merupakan salah satu tempat di Pulau Jawa yang memiliki nilai historis yang sangat banyak terutama pada masa penyebaran Islam sehingga memiliki banyak peninggalan sejarah berupa masjid dan benda pusaka.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge