Mengobati Batuk Kering dan Rematik dengan Anggrek Merpati

Tanaman ini memiliki nama lokal : anggrek bongkol, anggrek merpati (Jawa). Nama latin : Pholidota chinensis dari famili Orchidaceae.Tanaman ini biasanya tumbuh liar dihutan-hutan, menempel pada batang pohon mati yang basah atau batu berlumut. Namun sering juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Tumbuh baik pada kondisi lembab dan teduh, di dataran rendah maupun dataran tinggi. Merupakan tanaman epihit, tinggi 20-40 cm. berakar serabut, batangnya bulat, berair, licin, warna hijau. Daunnya tunggal, lanset, ujung meruncing. Bunganya majemuk berbentuk bulir, warna putih. Buahnya berbentuk kapsul dan bijinya kecil-kecil sangat banyak.

tanaman-anggrek-merpati

Tanaman ini tersedia di penjual tanaman hias. Bagian yang digunakan untuk obat :Seluruh bagian tanaman (segar ataupun kering).

Khasiat anggrek merpati :Antiradang dan antitusif, tanaman ini mengandung kardenolin, flavonoid, dan polifenol. Bisa dimanfaatkan untuk obat batuk kering dan rematik.

Resep sederhana :

  1. Rematik : 60 g tanaman anggrek bongkol segar dicuci, lalu direbus dengan 400 ml air sampai tersisa setengahnya, saring, airnya diminum sekaligus. Lakukan sehari 2 kali, pagi dan sore.
  2. Batuk kering : 50 g batang segar dicuci, lalu ditumbuk halus dan diperas, saring, airnya diminum sekaligus. Lakukan sehari 3 kali setelah makan.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge