Mengenal Batu Kecubung (amethyst)

batu kecubung amethystSalah satu budaya di indonesia adalah mengkoleksi batu mulia atau batu akik. Kali ini kita akan membahas batu kecubung atau nama lainnya adalah batu amethyst. Kecubung atau Amethyst adalah batu mulia berwarna ungu sampai merah muda, yang merupakan mineral dari kuarsa. Batu kecubung umumnya memiliki corak yang diakibatkan oleh tekanan berjuta tahun didalam bumi. Memiliki tingkat kekerasan yang agak rendah yaitu 7 Mohs, sehingga sering disebut sebagai batu permata kelas II. Meski demikian telah sejak lama para anggota kerajaan mempergunakan kecubung untuk perhiasannya.

1.    Asal
Kecubung dalam bahasa Inggris disebut Amethyst, yang diambil bahasa Yunani kuno yang berarti tidak beracun. Konon orang-orang Yunani kuno mengenakan batu kecubung agar terhindah dari bahaya keracunan atau mabuk berat akibat minuman keras. Dalam sejarah tercatat bahwa Santo Valentino yang dikenal sebagai pelindung cinta kasih mengenakan cincin batu kecubung yang terukir gambar Cupid, dan Leonardo Da Vinci menuliskan bahwa batu kecubung mempercepat kecerdasan serta menghilangkan pikiran jahat. Dahulu harga batu kecubung sama mahalnya dengan batu rubi, sebab tingkat kelangkaannya yang tinggi. Sejak abad ke-19, setelah ditemukannya sumber batu kecubung yang cukup banyak di Brazil, harganya menjadi lebih murah.

2.    Ciri-ciri

a.    Bentuk : Kristal, tergantung pemolesan.

b.    Warna : Ungu.

c.    Kandungan : Kuarsa dengan komposisi kimia SiO2.

d.    Indeks Bias : 1,544 – 1,553.

e.    Pembiasan Ganda : 0,009.

f.    Berat Jenis : 2,66.

g.    Skala Kekerasan (Mohs) : 7.

3.    Penilaian Kecubung

a.    Color (Warna) : Kecubung terbaik adalah ungu kemerahan kuat sampai ungu tanpa adanya zona merah.

b.    Clarity (Kejelasan) : Kecubung tidak memiliki inklusi umumnya. Hal tersebut dapat dilihat dengan mata telanjang.

c.    Cut (Pemotongan) : Pemotongan yang bagus akan menghasilkan ragam batuan yang bagus pula.

d.    Carat Weight (Karat) : Karat kecubung tersedia dalam berbagai pilihan yang mudah diterapkan untuk beragam perhiasan.

4.    Jenis-jenis Kecubung

a.    Kecubung Afrika : Sesuai namanya, kecubung ini ditambang di benua Afrika. Umumnya kecubung Afrika memiliki warna lebih gelap dan sangat berwarna.

b.    Kecubung Kuarsa : Merupakan percampuran antara kecubung dengan kuarsa jernih. Bagian atas ungu, sedangkan bagian bawahnya bersih. Dapat juga merupakan perpaduan ungu dan putih. Umumnya jenis kecubung ini dijadikan manik-manik.

c.    Kecubung Bolivia : Kecubung ini dihasilkan dari Bolivia, Amerika Selatan.

d.    Kecubung Brazil : Sebagaimana namanya, kecubung ini dihasilkan di negara Brazil. Sebutan ini umumnya juga digunakan dalam perdagangan batu mulia, untuk menyebut semua batu kecubung yang berasal dari Amerika Selatan.

e.    Kecubung Hijau : Batu mulia dengan warna hijau terang yang secara alami diwarnai oleh panas. Umum pula disebut dengan “prasiolite”.

f.    Kecubung Siberia : Merupakan batu kecubung yang memiliki warna sangat dalam, yang berasal dari Siberia Rusia.

g.    Kecubung Negara-negara lainnya : Merupakan batu kecubung yang ditambang didaerah selain yang telah disebutkan. Sri Lanka merupakan salah satu Negara yang juga menghasilkan batu kecubung.

h.    Kecubung Sintetis : Jenis ini sudah pasti jumlahnya lebih banyak dibandingkan lainnya sebab dapat diproduksi massal. Caranya membuat kecubung sintetis adalah dengan menggunakan sinar gamma, sinar x, atau iradiasi sinar elektron kuarsa jernih yang sudah terlebih dahulu diolah dengan pengotor besi. Hasilnya adalah kecubung yang sama persis dengan kecubung alami. Pembedaan keduanya cukup menyulitkan sehingga membutuhkan tes tertentu untuk memastikan kealamiahannya.

i.    Kecubung Terkenal :

–    Tiffany Amethyst : Kecubung 56 karat berbentuk persegi, yang merupakan bagian dari koleksi Smithsonian Institution, National Museum of Natural History.

–    Bros Morris Amethyst : Bros kecubung dengan bentuk hati, memiliki berat 96 karat. Bros ini juga merupakan koleksi Smithsonian Institution, National Museum of Natural History.

–    Kalung Duchess of Windsor : Kalung ini dibuat pad tahun 1947 oleh Cartier untuk Wallis Simpson, Duchess of Windsor. Merupakan gabungan kecubung dengan Pirus.

–    Mahkota Ratu Silvia : Mahkota ratu Swedia ini berasal dari batu kecubung yang sebelumnya dimiliki oleh Josephine, Permaisuri Perancis.

–    Safir Delhi : Batu kecubung yang dikenal dengan sebutan “Safir Delhi” ini dikatakan terkutuk sejak dijarah dari sebuah kuil di India pada tahun 1855. Saat ini menjadi koleksi Natural History Museum, London.

–    Kalung Egyptian Amethyst : Kalung ini sudah ada sejak abad ke-8 SM. Bangsa Mesir memang dikenal paling awal mengenal batu mulia.

5.    Daerah Penghasil Batu Kecubung Di Indonesia

Kalimantan adalah tempat dihasilkannya banyak batu mulia, seperti : Kecubung Ungu, kecubung Kopi, dan kecubung Teh. Selain itu pula muncul varian kecubung seperti kecubung sukabumi yang diperoleh di sukabumi jawa barat.

6.    Cara Memperoleh

a.    Penambangan adalah cara utama untuk memperoleh batu kecubung alami di alam.

b.    Membuat batu kecubung secara sintetis. Mengingat hasil kecubung sintetis tidak jauh dengan yang alami, maka harganya bisa saja sama.

7.    Khasiat Batu Kecubung

a.    Batu kecubung sebagaimana batu permata yang lain, kegunaan utamanya adalah untuk perhiasan. Baik untuk anting-anting, kalung, gelang atau beragam aksesoris lainnya.

b.    Batu kecubung dipercaya akan meningkatkan pesona pemakainya, menambah keberuntungan dan makin berwibawa serta berkharisma.

c.    Menurut bangsa Yunani Kuno, batu kecubung dapat menangkal keracunan dan mabuk berat akibat minuman keras.

d.    Di bidang kesehatan, batu kecubung dapat meningkatkan energi positif dan menangkal energi negatif. Sedangkan menurut Leonardo Da Vinci dapat meningkatkan kecerdasan dan menghilangkan pikiran jahat.

e.    Batu kecubung dapat dipergunakan untuk batu lahir bulan Februari.

8.    Harga Batu Kecubung

a.    Harga Emperan
Sebagaimana jenis batu mulia lainnya, kecubung juga ditawarkan mulai harga Rp 75.000 sampai ratusan ribu rupiah.

b.    Harga Toko
Harga batu kecubung sangat bervariasi, tergantung pada kualitas dan karatnya. Makin besar dan bagus maka harganya semakin mahal. Harganya antara ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Namun bila beruntung dapat pula memperoleh batu kecubung dengan harga dibawah Rp 100.000

9.    Cara Mengenali Kecubung Asli

a.    Ajak teman yang sudah berpengalaman atau yang memiliki batu kecubung saat akan membeli batu tersebut. Bandingkan bentuk warna dan segala ciri yang dimiliki agar tidak sampai tertipu oleh penjual.

b.    Perhatikan adanya serat pada batu kecubung. Serat adalah salah satu penanda keaslian batu kecubung.

c.    Perhatikan inklusi yang ada pada batu kecubung. Umumnya inklusi batu kecubung ada empat, yaitu : Tiger Stripe, Negatif Crystal, Finger Print, dan Crystal. Inklusi adalah cara termudah untuk menentukan keasliannya, namun jika tidak ditemukan inklusi, maka perlu pengetesan lebih lanjut dengan mempergunakan peralatan khusus.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge