Mengenal Batu Aquamarine

batu aquamarineSalah satu budaya di indonesia adalah mengkoleksi batu mulia atau batu akik. Kali ini kita akan membahas batu aquamarine.
1.    Asal

Aquamarine sering disebut dengan nama batu biru laut. Batu mulia ini merupakan batu mulia yang berasal dari beryl, berwarna biru atau cyan. Beryl kuning umumnya disebut sebagai Aquamarine cempaka. Jenis biru dikenal dengan nama maxixe, adalah jenis yang banyak ditemukan di Madagaskar.
Aquamarine sangat dekat dengan Zamrud, sebab sama-sama terbentuk dari mineral beryl. Warna dan kekerasannya pun tidak berbeda jauh. Variasi warnanya antara hijau, hijau muda, biru, biru muda dan biru laut. Aquamarine tidak tahan dengan suhu tinggi, jika dipanaskan sampai suhu 800-900 derajat celcius maka warnanya akan pudar.

2.    Ciri-ciri

a.    Bentuk : Kristal, tergantung pemolesan,

b.    Warna : Biru kehijauan.

c.    Kandungan : Beryl dengan komposisi kimia Be3Al2Si6O18.

d.    Indeks Bias : 1,577 – 1,583.

e.    Pembiasan Ganda : 0,005 – 0,009.

f.    Berat Jenis : 2.72.

g.    Skala Kekerasan (Mohs) : 7,5 – 8.

3.    Penilaian Aquamarine

a.    Color (Warna) : Warna yang paling digemari dan dicari adalah biru tua atau biru kehijauan.

b.    Clarity (Kejelasan) : Aquamarine selalu dipoles dalam bentuk jernih seperti air bening. Ketiadaan inklusi akan membuat nilainya makin tinggi.

c.    Cut (Pemotongan) : Aquamarine yang jernih membutuhkan pemotongan yang brilian. Makin bagus pemotongan yang menghasilkan kejernihan tingkat tinggi maka harganya akan tinggi pula.

d.    Carat Weight (Karat) : Karat atau berat Aquamarine yang dihasilkan akan mempengaruhi harga dari batu mulia tersebut. Aquamarine tersedia dalam beragam ukuran, dari mulai yang besar sampai yang kecil.

4.    Jenis-jenis Aquamarine

a.    Aquamarine Cat’s Eye : Adalah batu Aquamarine yang mampu menampilkan efek mata kucing sebagaimana Chrysoberil (dua fenomena dalam satu batu).

b.    Aquamarine Bintang : Batu Aquamarine yang mampu menampilkan inklusi bintang saat disinari dengan cahaya tunggal.

c.    Aquamarine Terkenal :

–    Mahkota Ratu Brazil : Aquamarine tengah yang ada pada mahkota Aquamarine Ratu Elizabeth adalah batu Aquamarine hadiah penobatan dari rakyat Brazil tahun 1953.

–    Aquamarine Dom Pedro : Obelisk setinggi 2/3 meter dibuat oleh pematung Bernd Munsteiner. Terbuat dari Aquamarine seberat 60 pon. Merupakan Aquamarine polesan terbesar sepanjang sejarah. Saat ini menjadi bagian dari Smithsonian Institution.

–    Aquamarine 1000 karat : Merupakan Aquamarine paling berharga, koleksi Smithsonian Institution.

–    Aquamarine Roosevelt : Pada tahun 1935 rakyat Brazil menghadiahkan sebuah Aquamarine seberat 1.847 karat kepada Mrs. Eleanor Roosevelt.

–    Schlumberger Bow : Aquamarine seberat 148,5 karat yang dibuat oleh Jean Schlumberger for Tiffany & Co. Perhiasan ini juga dipercantik dengan platina dan emas. Pada tahun 1893 dipamerkan pertama kali di Columbia Exhibition. Sekarang menjadi bagian dari Museum of Natural History.

–    137 karat Maine Aquamarine : Merupakan Aquamarine terbesar berbentuk faset yang hampir sempurna, berasal dari Amerika Utara.

d.    Aquamarine Sintetis : Produksi Aquamarine sintetis telah dilakukan sejak tahun 1930-an bersamaan dengan ditemukannya cara membuat Zamrud sintetis.

5.    Negara Penghasil Aquamarine

Indonesia tidak menghasilkan batu Aquamarine, namun mengimpor batu tersebut dari luar negeri. Brazil merupakan negara produsen Aquamarine terbesar di dunia. Selain negeri Samba tersebut, Aquamarine juga dihasilkan di Amerika, Afghanistan, Pakistan, Sri Lanka dan Afrika.

6.    Cara Memperoleh

a.    Penambangan adalah cara untuk memperoleh batu mulia ini, bahkan di Pakistan Aquamarine ditambang pada ketinggian 15.000 kaki. Tepatnya di Pegunungan Karakoram Pakistan.

b.    Aquamarine sintetis adalah cara kedua untuk mendapatkan permata ini dengan harga yang tidak terlalu fantastis dan mudah. Mudah sebab tersedia kapanpun. Untuk harga masih relatif mahal namun tidak semahal yang alami.

7.    Khasiat Aquamarine

a.    Aquamarine dipercaya dapat meningkatkan energi positif dalam tubuh dan akan menghalau energi negatif.

b. Aquamarine dipercaya dapat membuka aura kasih sayang di dalam diri pemakaianya dan menstabilkan emosi/psikologis pemakainya.

c.    Batu Aquamarine dipergunakan untuk kelahiran bulan Maret dan perayaan ulang tahun pernikahan ke-19.

8.    Harga

a.    Harga Emperan
Aquamarine dibanderol mulai Rp 75.000 sampai ratusan ribu rupiah tergantung pada kualitas batunya.

b.    Harga Toko
Aquamarine biasa dibanderol seharga ratusan ribu rupiah, sebab kebanyakan adalah batu sintetis atau buatan pabrik. Namun untuk Aquamarine yang berasal dari alam harganya masih berkisar diatas 1 juta rupiah.

9.    Cara Mengenali Aquamarine Asli

a.    Gunakan kriteria panilaian yang telah disebutkan sebelumnya.

b.    Rendamlah Aquamarine dalam cairan bromoform yang dapat dibeli di apotek. Aquamarine yang asli akan tetap mengambang dipermukaan, sedangkan yang palsu akan tenggelam.

c.    Aquamarine yang asli jika disentuhkan ke permukaan kulit akan terasa dingin.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge