Khasiat Tanaman Kapasan Untuk Pengobatan Alternatif

Tanaman ini memiliki nama lokal : kakapasan, kaworo, kasturi, waron (Jawa), gandapura, kapas sadeki (Sumatera), kasturi (Maluku). Nama latinnya Abelmoschus moschatus, dari famili Malvaceae. Nama asingnya huang kui (China).

tanaman kapasan

Tanaman ini tumbuh sebagai belukar yang tumbuh liar di lahan-lahan kosong atau ditanam di kebun. Tanaman berumur panjang ini berdaun tunggal, berbentuk seperti jari dengan tepi bergerigi. Bunganya besar, keluar dari ketiak daun, bermahkota 5 dan berwarna kuning. Buahnya lonjong berambut dan memiliki biji berbentuk seperti ginjal berwarna kelabu dan baunya wangi. Biji kapasan sering digunakan sebagai bahan dasar kosmetik (antara lain krim penghalus kulit, bedak), obat gosok, obat gatal. Daun, bunga dan bijinya biasa dipakai untuk membasmi serangga.

Tanaman kapasan tersedia di balai pembibitan tanaman herbal/ obat. Bagian yang digunakan sebagai obat adalah seluruh bagian tanaman.

Khasiat kapasan : memiliki efek menyejukkan atau antipiretik (penurun panas), diuretik (peluruh air seni), dan antiradang. Sering dimanfaatkan sebagai obat penurun panas, sulit buang air besar, kencing batu, sakit kepala, luka bakar, bisul, patah tulang, dan sebagainya.

Resep herbal sederhana kapasan :

  1. Bisul, luka bakar : Daun segar digiling halus dan dicampur sedikit air sampai seperti bubur, lalu oleskan pada bagian tubuh yang sakit.
  2. Batuk, badan panas, sulit buang air besar : 10-15 g akar direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, saring dan diminum.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge