5 Cara Alami Membuang Racun dari Tubuh

racun tubuhHampir dalam setiap hari ada banyak kegiatan yang kita lakukan. Tanpa kita sadari, ternyata berbagai aktivitas tersebut bisa menyebabkan banyak hal negatif yang dapat membahayakan kesehatan. Salah satunya, beraktivitas dengan benda-benda yang menghasilkan radiasi. Kemudian, ada pula beragam jenis produk makanan tidak sehat yang kita santap. Semua akan menghasilkan racun, sehingga kita harus membuang racun dari tubuh.

Jika racun-racun tersebut dibiarkan begitu saja dan terus menumpuk, maka akan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, harus dilakukan upaya-upaya efektif untuk membuang racun dari tubuh. Beberapa cara pernah banyak dilakukan orang, salah satunya diet detoks dengan cara master cleanse diet, yaitu dengan mengonsumsi cairan lemon dan sirup maple yang telah dicampur dengan cabe rawit selama 10 hari.

Sayangnya, cara tersebut ternyata tidak aman, karena dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas. Sehingga, cara-cara yang lebih alami lebih tepat unduk dijadikan pilihan dalam hal ini. Apalagi, cara membersihkan tubuh dari racun dengan perlahan lebih bisa memberikan manfaat. Berikut ini ada lima cara alami untuk membuang racun dari tubuh yang bisa dilakukan dengan mudah dan murah oleh siapa saja yang ingin melakukannya.

1. Minum air putih
Jika Anda selama ini malas minum air putih, maka mulailah untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Meminum air putih setidaknya 2 liter dalam sehari dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh, karena air putih tersebut akan meningkatkan kinerja hati dan ginjal. Selain itu, banyak minum air putih juga bisa membantu sel-sel tubuh tetap terhidrasi. Sehingga, dapat pula meningkatkan fungsi otak, menjaga berat badan, serta menyehatkan tulang dan kulit.

2. Minum vitamin C
Selama ini, tidak banyak yang mengetahui bahwa vitamin C punya manfaat sebagai antioksidan bagi tubuh, selain manfaat lainnya. Fungsinya sebagai antioksidan tersebut akan sangat membantu dalam membuang racun dari dalam tubuh. Kemudian, kandungan vitamin C juga bisa membantu tubuh memproduksi glutathione. Senyawa hati tersebut juga memiliki manfaat yang sama, yaitu untuk mengeluarkan racun dari tubuh secara alami.

3. Konsumsi makanan berserat
Makanan berserat tinggi juga dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Manfaat tersebut bisa didapatkan, karena serat memiliki fungsi untuk melancarkan pencernaan untuk mengeluarkan sisa makanan yang tidak bermanfaat bagi tubuh, sekaligus membawa racun dari dalam tubuh. Untuk mendapatkannya, perbanyaklah mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, seperti stroberi, jeruk, brokoli, asparagus, lobak, dan rumput laut.

4. Konsumsi omega 3
Mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 juga sangat disarankan jika ingin mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Asam lemak omega 3 ini mengandung juga antioksidan yang sangat banyak dan kuat, yang jika dikonsumsi akan menjadi agen anti inflamasi di dalam tubuh. Asam lemak omega 3 ini banyak terkandung dalam bahan makanan seperti ikan salmon dan kacang-kacangan. Selain itu, juga ada banyak suplemen.

5. Olahraga secara teratur
Cara terakhir yang juga penting untuk dilakukan adalah dengan berolahraga secara teratur. Dengan berolahraga, Anda akan mengeluarkan keringat lebih banyak, yang juga akan ikut membawa racun keluar dari dalam tubuh. Selain itu, melakukan olahraga juga dapat menguatkan detak jantung dan memberikan oksigen yang cukup ke dalam tubuh, sehingga tubuh akan jauh lebih sehat. Oleh karena itu, mulailah berolahraga secara rutin dari sekarang.

Pilihan lain yang juga bisa dilakukan untuk proses dan fungsi yang sama adalah dengan melakukan mandi sauna. Saat mandi di sumber air panas, pori-pori kulit juga akan terbuka lebar, sehingga memudahkan keluarnya racun dari dalam tubuh. Prosesnya hampir sama dengan berolahraga. Hanya saja, melakukan mandi sauna ini akan membutuhkan sejumlah biaya untuk menyewa tempat sauna, meskipun tubuh tidak akan secapek berolahraga.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge